Jepang Tak Anggap Timnas Indonesia, Sebut Lawan Irak Penentu Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]
09:27
8 Januari 2024

Jepang Tak Anggap Timnas Indonesia, Sebut Lawan Irak Penentu Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu mengisyaratkan tidak menganggap laga menghadapi Timnas Indonesia sebagai hal yang penting dalam upaya mereka lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Hal itu tercermin dari pernyataan Moriyasu yang mengaku sangat mewaspadai laga pertama Grup D kontra Vietnam, serta menilai pertandingan kedua lawan Irak bakal menentukan kelolosan mereka.

Moriyasu menjelaskan bahwa pertandingan pertama di turnamen manapun bakal sulit dan penting untuk timnya.

Tanpa memuji kekuatan Vietnam, dia mengakui Jepang bakal hati-hati dalam laga yang akan berlangsung pada 14 Januari mendatang.

"Kami akan memainkan laga tersebut dengan sangat hati-hati dan kami bakal mengerahkan kemampuan terbaik agar terhindar dari kejutan," kata Hajime Moriyasu dikutip dari media Irak, Winwin, Senin (8/1/2024).

Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)

Sementara terkait laga kontra Irak, Moriyasu menjelaskan pertandingan ini diprediksi berjalan sengit. Merujuk ranking FIFA, Irak adalah lawan terberat Jepang di Grup D Piala Asia 2023.

Irak saat ini menduduki peringkat 64 dunia, sementara Jepang di 17. Sedangkan dua wakil ASEAN yakni Vietnam dan Timnas Indonesia masing-masing menduduki peringkat 94 dan 146 dunia.

"Menghadapi Irak akan sangat sulit, tapi kami akan berusaha mengincar kemenangan seperti biasanya," kata Moriyasu.

"Kami percaya pertandingan ini akan menentukan untuk lolos ke babak berikutnya," tambahnya.

Pernyataan Moriyasu seakan tidak menganggap laga menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday terakhir Grup D sebagai sebuah hal penting.

Timnas Indonesia diketahui bakal melawan Jepang pada 24 Januari 2024 di
Al Thumama Stadium, Doha.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jepang #anggap #timnas #indonesia #sebut #lawan #irak #penentu #lolos #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR