Akui Kehebatan Timnas Indonesia, Pelatih Malaysia Ingin Jiplak Cara Shin Tae-yong
Gaji Shin Tae-yong lebih tinggi dari Kim Pan-gon. (Kolase PSSI dan nst.com.my)
15:12
13 Juni 2024

Akui Kehebatan Timnas Indonesia, Pelatih Malaysia Ingin Jiplak Cara Shin Tae-yong

Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon mengatakan bahwa Harimau Malaya perlu mencontoh timnas Indonesia agar memperbaiki kualitas tim nasional.

Malaysia dipastikan tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026. Meski menang lawan Chinese Taipei dengan skor 3-1, Harimau Malaya tetap finis di urutan ketiga dengan koleksi 10 poin.

"Sebenarnya kondisi di Malaysia saya melihatnya cukup sulit, tapi saya juga tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya karena banyak hal yang perlu diperhatikan di sini," ucap Kim Pan-gon dikutip dari The Thao247.

"Kita tidak bisa membandingkannya dengan Korea atau Jepang karena mereka punya sistem yang bagus. Saya pikir kita perlu meninjau dan meningkatkan sistem kita untuk memiliki banyak talenta muda," imbuhnya.

Baca Juga: Jadwal Padat! Timnas Indonesia Tanpa Uji Coba Sebelum Main di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia

Kim Pan-gon malah menyarankan agar Malaysia mengikuti jejak timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong yang melakukan naturalisasi pemain keturunan.

"Upaya lain mungkin kita bisa mencontoh pelatih Indonesia untuk terbang ke Eropa mencari pemain naturalisasi. Tapi bagi saa yang paling penting adalah sistem pengembangan yang menghasilkan pemain lokal terbaik," jelas Kim Pan-gon.

"Upaya selanjutnya adalah strategi bersaing dengan tim lain. Bagi saya Indonesia akan menjadi tim terbaik dengan apa yang sudah mereka lakukan, tapi Malaysia harus menantang mereka," sambungnya.

Adapun timnas Indonesia sendiri memang sedang melonjak. Skuad Garuda jadi satu-satunya tim ASEAN yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Keberhasilan tidak terlepas dari peran Shin Tae-yong yang menambah pemain-pemain keturunan Indonesia yang bangga membela Garuda di dada.

Baca Juga: Kasus Maarten Paes Makin Molor Jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bakal Gagal Jadi Kiper Timnas Indonesia?

Editor: Arif Budi

Tag:  #akui #kehebatan #timnas #indonesia #pelatih #malaysia #ingin #jiplak #cara #shin #yong

KOMENTAR