Shin Tae-yong Resmi Umumkan Indonesia Cetak Sejarah Baru Usai Kalahan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
05:12
12 Juni 2024

Shin Tae-yong Resmi Umumkan Indonesia Cetak Sejarah Baru Usai Kalahan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia berhasil mengukir sejarah baru dengan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kepastian ini diraih setelah skuad Garuda mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Selasa (11/6/2024).

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-55.

Kemenangan ini tidak hanya mengantarkan Indonesia ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tetapi juga memastikan satu tempat di Piala Asia 2027.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berjaya di Kualifikasi Piala Dunia, STY Justru Soroti Jeleknya Lapangan SUGBK

Pelatih Shin Tae-yong mengaku terkesan dengan penampilan para pemainnya yang menunjukkan kerja keras dan pantang menyerah di lapangan.

"Meskipun secara psikologis ada kesulitan, berkat kerja keras pemain, kita bisa mencetak sejarah baru dan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan semalam.

Lolosnya Indonesia ke babak ketiga membuka peluang besar untuk tampil di Piala Dunia 2026.

Pasalnya, juara dan runner-up grup pada babak ketiga akan secara otomatis lolos ke turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.

Namun, perjuangan Timnas Indonesia di babak ketiga diprediksi tidak akan mudah.

Baca Juga: Cetak Gol Luar Biasa ke Gawang Filipina di SUGBK, Thom Haye Tetap Membumi

Mereka akan bersaing dengan tim-tim terbaik Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, dan Australia.

"Kita akan tetap mempersiapkan tim dengan sebaik-baiknya dan berusaha semaksimal mungkin," tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa.

Melalui dua gol yang dicetak dari tendangan keras Thom Haye (31') dan sundulan Rizky Ridho (55'), Indonesia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin dan lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Indonesia menemani pemuncak klasemen Irak dengan 15 poin yang sudah terlebih dulu memastikan lolos walaupun masih menyisakan satu laga.

Jumlah poin ini sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini berada di posisi ketiga dengan enam poin dengan apa pun hasil melawan Irak di Stadion Internasional Basra pada Rabu (12/6) pukul 01.00 WIB, sudah tak berpengaruh pada nasib The Golden Stars di babak kualifikasi.

Torehan 10 poin Indonesia diraih dari dua kemenangan melawan Vietnam saat bermain di SUGBK dengan skor 1-0 dan di Stadion Internasional My Dinh, Hanoi dengan skor 3-0 pada Maret.

Sedangkan empat poin tersisa diraih Garuda saat melawan Filipina, yaitu ketika bermain imbang 1-1 di Stadion Rizal Memorial, November tahun lalu dan satu kemenangan dengan skor 2-0 di SUGBK, Selasa.

Adapun di posisi ketiga Vietnam yang masih menyisakan satu laga mengoleksi enam poin dan Filipina yang menelan lima kekalahan di putaran kedua berada di juru kunci dengan satu poin.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #shin #yong #resmi #umumkan #indonesia #cetak #sejarah #baru #usai #kalahan #filipina #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR