Lolos Round 3 Kualifikasi, Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Masih Panjang Nan Terjal
Starting XI Timnas Indonesia pada laga kontra Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
23:36
11 Juni 2024

Lolos Round 3 Kualifikasi, Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Masih Panjang Nan Terjal

Timnas Indonesia mengamankan tiket ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah menang 2-0 atas tamunya, Filipina pada matchday pamungkas Grup F putaran kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dengan kemenangan tersebut, Timnas Indonesia finis kedua di klasemen akhir Grup F. Skuad Garuda lolos ke putaran ketiga sebagai runner-up Grup F dengan koleksi 10 poin.

Raihan poin Timnas Indonesia tidak akan terkejar oleh tim peringkat ketiga, Vietnam, yang mengoleksi 6 poin, dan baru akan memainkan pertandingan terakhir Grup F melawan tuan rumah Irak pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB nanti.

Peringkat kedua di klasemen akhir Grup F sekaligus juga memastikan Timnas Indonesia senior lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Indonesia menjadi negara peserta ke-15 yang lolos ke ajang bergengsi level Asia tersebut.

Baca Juga: Klasemen Grup F Pasca Kemenangan Timnas Indonesia Lawan Filipina, Garuda Cetak Sejarah

Perjalanan Masih Panjang Nan Terjal

Meski sukses mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia, perjalanan Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026, yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, memang masih panjang nan terjal.

Di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti, Timnas Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk tim-tim raksasa macam Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia.

Ke-18 tim tersebut akan memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi dalam tiga grup yang diisi enam tim, dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Thom Haye Jebol Gawang Kiper Persib, The Professor Pemain Timnas Indonesia Paling Sibuk Lawan Filipina

Andai pun gagal menjadi juara dan runner-up grup di ronde ketiga nanti, Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan kampanye di posisi ketiga atau keempat klasemen akhir.

Dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket play-off.

Enam tim peringkat ketiga dan keempat dari putaran ketiga ini nantinya akan dibagi dalam dua grup, masing-masing grup diisi tiga tim

Tim-tim ini akan saling berhadapan satu kali di venue netral, jadi bukan dengan sistem kandang-tandang lagi.

Para juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026, sementara runner-up dari masing-masing grup akan bertarung lagi di putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pada putaran kelima ini, dua tim tersebut akan saling berhadapan dalam partai hidup mati dua leg kandang-tandang, untuk menentukan wakil Asia untuk pertandingan play-off antar konfederasi.

Nah, sang pemenang akan mengamankan tiket terakhir menuju putaran final Piala Dunia 2026.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #lolos #round #kualifikasi #perjalanan #timnas #indonesia #menuju #piala #dunia #2026 #masih #panjang #terjal

KOMENTAR