PSSI Berencana Gelar Liga 4 untuk Transformasi Kompetisi Indonesia, Bagaimana Aturannya?
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir selepas Kongres Biasa 2024 di Jakarta, Senin (10/6/2024). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]
18:24
10 Juni 2024

PSSI Berencana Gelar Liga 4 untuk Transformasi Kompetisi Indonesia, Bagaimana Aturannya?

PSSI berencana menggelar kompetisi Liga 4. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam Kongres Biasa PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Erick Thohir mengatakan Liga 4 menjadi terobosan baru PSSI. Itu termasuk kompetisi sepak bola wanita, dan transformasi di level Asosiasi Provinsi (Asprov).

"Memang ada tiga terobosan yang kita mau dorong. Satu, bagaimana Liga 4 ini bisa bergulir. Lalu yang kedua, kita juga mendorong selambat-lambatnya adanya Liga Perempuan, itu untuk tahun 2026," kata Erick Thohir usai Kongres Biasa PSSI.

"Poin nomor tiga tadi, disampaikan terobosan bagaimana bisa terus mempererat hubungan pemerintah dan untuk sepak bola melalui Asprov, klub, ataupun PSSI dengan mendorong kompetisi untuk pelajar di bawah Diknas dan diaspora bagaimana Liga Amatir pun bisa dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: Kongres Biasa PSSI 2024 Belum Putuskan Regulasi Pemain Asing Liga 1 Musim Depan, Begini Komentar Erick Thohir

Erick mengatakan belum tahu bagaimana aturan main Liga 4 termasuk juga kapan rencana digulirkan. PSSI akan menyerahkan penuh kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi untuk merancang sebaik-baiknya.

"Sama, nanti biar liga (LIB) duduk karena ini sama-sama kita terus mendorong. Kasih waktu 1-2 minggu ini," terang Erick.

"Ya kembali, nanti selambat-selambatnya seperti apa, tergantung persiapan. Apakah musim kompetisi tahun ini atau tahun depan," pungkasnya.

Sementara itu, ada beberapa agenda dalam Kongres Biasa PSSI yang dilakukan. Beberapa di antaranya yakni laporan program kegiatan 2023 serta penetapan program PSSI 2024.

Selain itu, penyampaian laporan pembangunan pemusatan Latihan di Ibu Kota Negara (IKN) menggunakan dana FIFA Forward.

Baca Juga: Timnas Indonesia memang Dibebani Target Lolos Round 3 Kualifikasi Piala Dunia, Sumardji: Lawan Filipina Wajib Menang!

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pssi #berencana #gelar #liga #untuk #transformasi #kompetisi #indonesia #bagaimana #aturannya

KOMENTAR