Syarat Poin Timnas Indonesia Agar Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026, Masih Ada Kesempatan?
Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berusaha melewati pemain Irak saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
07:36
7 Juni 2024

Syarat Poin Timnas Indonesia Agar Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026, Masih Ada Kesempatan?

Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak di matchday 5 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis, 6 Juni 2024.

Dua gol Irak dicetak oleh Aymen Hussein dari penalti pada menit ke-54 dan Ali Jasim pada menit ke-88 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di pertandingan lain, Vietnam menang dramatis 3-2 atas Filipina di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Tien Linh (menit ke-65 dan 76') serta Pham Tuan Hai (injury time 90'+5), sementara gol Filipina dicetak oleh Patrick Reichelt (menit ke-62) dan Kevin Ingreso (menit ke-89).

Baca Juga: Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Usai Vietnam Menggila

Irak memimpin Grup F dengan 15 poin sempurna dari lima pertandingan, diikuti Indonesia dengan 7 poin dan Vietnam dengan 6 poin.

Filipina tersingkir dengan satu poin. Perebutan tiket ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 dan putaran final Piala Asia 2027 masih sengit antara Indonesia dan Vietnam.

Harus Menang Lawan Filipina

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memerhatikan pergerakan para pemainnya pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memerhatikan pergerakan para pemainnya pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan berlangsung pada Selasa (11/6/2024).

Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di SUGBK, sementara Vietnam bertandang ke Irak pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Baca Juga: 4 Kesalahan Timnas Indonesia Hingga Dihajar Irak, Makin Tipis Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Karena laga Vietnam vs Irak dimulai tiga jam setelah pertandingan Indonesia vs Filipina selesai, Tim Garuda harus menang melawan Filipina untuk memastikan lolos.

Jika Indonesia meraih tiga poin, Vietnam tidak akan bisa lolos meskipun menang di Irak.

Untuk mengamankan tempat di putaran berikutnya, Timnas Indonesia harus menang melawan Filipina di pertandingan terakhir.

Bergantung pada Irak

Melihat Filipina berhasil mencetak dua gol meski kalah 2-3 dari Vietnam, Timnas Indonesia tidak boleh meremehkan The Azkals.

Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan harus tetap fokus saat melawan Filipina.

Jika Filipina berhasil menahan imbang atau mengalahkan Indonesia, nasib Timnas Indonesia akan bergantung pada hasil laga Irak vs Vietnam.

Jika Irak menang, Indonesia tetap lolos. Namun, jika Vietnam menang, mereka yang akan melaju ke putaran ketiga.

Andalkan Head to Head

Jika Timnas Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam imbang dengan Irak, kedua tim akan memiliki poin yang sama.

Menurut aturan, selisih gol dan produktivitas gol akan menjadi penentu sebelum head-to-head.

Ini berarti, meskipun Indonesia unggul head-to-head dengan dua kemenangan, mereka belum tentu berada di atas Vietnam.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #syarat #poin #timnas #indonesia #agar #lolos #kualifikasi #piala #dunia #2026 #masih #kesempatan

KOMENTAR