Tak Apa Kalah dari Irak, Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Bahkan Tanpa Susah Payah
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
18:36
6 Juni 2024

Tak Apa Kalah dari Irak, Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Bahkan Tanpa Susah Payah

Timnas Indonesia gagal memenuhi ekspektasi memetik kemenangan saat menjamu Irak di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, petaka bagi Timnas Indonesia datang di awal babak kedua seusai Justin Hubner dianggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Aymen Husein yang ditunjuk sebagai eksekutor mampu menjebol gawang yang dikawal Ernando Ari.

Setelah gol tersebut, skuat Garuda pun bertubi-tubi mengalami kesialan. Dimana Jordi Amat diganjar kartu merah usai melanggar pemain Irak di menit 59.

Baca Juga: Keputusan Kontroversi Shaun Evans di Timnas Indonesia vs Irak: Ganjar Kartu Merah dan Hukum 2 Penalti Skuad Garuda

Pemain Timnas Indonesia berebut bola dengan pemain Timnas Irak dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pemain Timnas Indonesia berebut bola dengan pemain Timnas Irak dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Tak berselang lama, Irak kembali mendapat hadiah penalti. Tapi untung tendangan Aymeen Husein kini melenceng jauh di atas gawang Ernando.

Jelang bubaran, Ernando dipaksa memungut bola dari gawangnya setelah melakukan blunder dan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Irak.

Laga tersebut pun ditutup dengan skor 0-2 untuk kemenangan Irak.

Meski takluk atas Irak, Timnas Indonesia nyatanya masih punya peluang untuk melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Anak asuhan Shin Tae-yong masih menyisakan satu laga lagi menghadapi Filipina yang akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno pada 11 Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kebobolan Lagi Tertinggal 0-2 dari Irak, Ernando Ari Bikin Kesalahan Fatal

Bila mampu memaksimalkan laga tersebut menjadi kemenangan, maka otomatis Thom Haye dkk langsung melaju ke putaran berikutnya.

Tunggu Laga Vietnam kontra Filipina

Yang menarik sebetulnya Timnas Indonesia bisa lolos ke putaran ketiga tanpa bersusah payah, yaitu dengan melihat laga Vietnam kontra Filipina yang akan dihelat malam ini, Kamis (6/6/2024).

Timnas Indonesia bisa langsung lolos ke putaran ketiga bila Vietnam hanya mampu bermain imbang menghadapi Filipina.

Sebab bila bermain imbang, Vietnam bakal mengemas 4 poin.

Sedangkan Filipina akan mengemas 2 poin saja.

Mereka pun akan menyisakan dua laga pamungkas dimana Vietnam menghadapi Irak dan Filipina menghadapi Timnas Indonesia.

Bila terjadi keajaiban, dimana Vietnam memenangi laga kontra Irak maka akan mengumpulkan 7 poin.

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Irak Suad Natiq Naji dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Irak Suad Natiq Naji dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Dari skenario tersebut, terdapat dua tim yang mengemas 7 poin yakni Timnas Indonesia dan Vietnam.

Bila merujuk dari regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026, tim yang lolos ditilik dari head to head.

Maka jika dilihat riwayatnya, Timnas Indonesia lebih unggul secara head to head dibanding Vietnam.

Jadi meski memiliki poin yang sama, Timnas Indonesia lebih berpeluang besar lolos ke putaran ketiga ketimbang Vietnam.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #kalah #dari #irak #timnas #indonesia #masih #bisa #lolos #putaran #ketiga #piala #dunia #2026 #bahkan #tanpa #susah #payah

KOMENTAR