Atalanta Kampiun Liga Europa, 6 Tim Italia Siap Tampil di Liga Champions Musim Depan
Para pemain Atalanta melakukan selebrasi usai menjuarai Liga Europa di Stadion Dublin Arena, Irlandia, usai memenangi laga final kontra Atalanta, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]
18:12
23 Mei 2024

Atalanta Kampiun Liga Europa, 6 Tim Italia Siap Tampil di Liga Champions Musim Depan

Kesuksesan Atalanta menjuarai Liga Europa 2023/2024 berdampak masif untuk jumlah wakil Italia di Liga Champions musim depan. Tim lain mendapat berkah kesuksesan Atalanta ini.

Atalanta secara luar biasa mematahkan rekor tak terkalahkan Bayer Leverkusen selama 51 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Atalanta menggasak tim Jerman itu dengan skor telak 3-0 pada partai final Liga Europa di Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Seluruh gol La Dea diborong oleh Ademola Lookman (12’, 26’, 75’).

Hasil tersebut memastikan Atalanta meraih trofi level Eropa pertama sepanjang berdirinya klub sejak 1907. Kesuksesan klub asal Kota Bergamo itu juga berdampak secara langsung ke wakil-wakil Italia di kompetisi Benua Biru.

Baca Juga:Alasan Sebenarnya Superioritas Bayer Leverkusen Sama Sekali Tak Mempan di Hadapan Atalanta

Seperti diketahui, jumlah kontestan fase grup Liga Champions musim depan bertambah menjadi 36 dari sebelumnya 32. Dengan begitu, jatah sejumlah negara akan otomatis meningkat.

Liga Italia Serie A sudah dipastikan mengirim lima klub langsung ke fase grup Liga Champions 2024/2025. Mereka mendapat tambahan satu wakil sesuai dengan hasil koefisien liga keluaran UEFA.

Mengingat Atalanta kemungkinan finis di posisi lima klasemen akhir liga musim ini, jatah itu akan turun ke posisi enam. Saat ini, AS Roma bisa bernafas lega.

Atalanta sendiri otomatis lolos ke Liga Champions 2024/2025 dengan status mereka sebagai kampiun Liga Europa 2023/2024. Dengan demikian, Italia akan diwakili enam klub di Liga Champions musim depan.

Keenam klub tersebut adalah Inter Milan, AC Milan, Juventus, Bologna, Atalanta, dan AS Roma. Italia sendiri boleh jemawa di hadapan liga-liga lain pada ajang Liga Champions musim depan.

Baca Juga:Rekor Serba Pertama Atalanta usai Juara Liga Europa 2023-2024, Coreng Musim 'Ajaib' Leverkusen

Sebab, Spanyol, Inggris, dan Prancis hanya akan mengirim empat wakil. Sementara, Jerman mendapat tambahan satu slot sehingga akan diwakili lima klub di Liga Champions 2024/2025.

Enam klub tersebut adalah jumlah wakil terbanyak dari satu negara di sepanjang sejarah Liga Champions.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #atalanta #kampiun #liga #europa #italia #siap #tampil #liga #champions #musim #depan

KOMENTAR