Kemenangan Super Manis Thailand di Piala Asia 2023, Ketiban Durian Runtuh di Ranking FIFA
Para pemain Timnas Thailand merayakan gol ke gawang Kirgistan pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Selasa (16/1/2024) malam WIB. [HECTOR RETAMAL / AFP]
13:24
17 Januari 2024

Kemenangan Super Manis Thailand di Piala Asia 2023, Ketiban Durian Runtuh di Ranking FIFA

Kemenangan Timnas Thailand atas Kirgistan di matchday 1 Grup F Piala Asia 2023 benar-benar terasa manis bagi wakil Asia Tenggara itu. Thailand ketiban 'durian runtuh' terkait ranking FIFA mereka menyusul kemenangan penting ini.

Timnas Thailand sempat diragukan banyak pihak setelah masalah cedera menerjang skuad mereka jelang Piala Asia 2023 di Qatar pada 12 Januari - 10 Februari 2024 ini.

The War Elephants --julukan Timnas Thailand-- tak bisa diperkuat duo andalan mereka, gelandang serang Chanathip Songkrasin dan striker veteran Teerasil Dangda di Piala Asia Qatar ini karena cedera.

Thailand juga seakan tak benar-benar serius tampil di Piala Asia 2023 ini setelah skuad mereka jadi yang terakhir tiba di Qatar, dari total 24 negara peserta turnamen.

Siaran langsung Piala Asia 2023 diketahui juga tak bisa diakses di Thailand karena tak ada stasiun TV lokal yang menyiarkan pesta sepak bola terakbar Asia tersebut untuk edisi kali ini.

Namun, dengan berbagai permasalahan yang mendera, Thailand ternyata mampu mencuri perhatian dengan penampilan apik mereka di matchday pembuka Piala Asia 2023.

Melawan Kirgistan yang notebene peringkat FIFA-nya lebih tinggi, Thailand mampu membalikkan prediksi di atas kertas dengan meraih kemenangan dalam laga yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Selasa (16/1/2024) malam WIB.

Dengan brace dari penyerang Supachai Chaided (26' dan 48'), tim Gajah Perang mampu menang meyakinkan dengan skor 2-0.

Tak pelak, Thailand kini memimpin klasemen sementara Grup F Piala Asia 2023 dengan poin 3, unggul selisih gol atas tim favorit, Arab Saudi yang di laga lainnya cuma bisa menang tipis 2-1 atas Oman.

Thailand jadi satu-satunya wakil ASEAN yang mencatkan hasil positif di matchday 1 Piala Asia 2023. Mereka jadi satu-satunya yang berhasil menang, setelah Indonesia, Vietnam dan Malaysia semuanya kalah pada matchday pembuka ini.

Tak hanya sukses melakoni start positif di Piala Asia 2023 ini, kemenangan lawan Kirgistan juga berdampak sangat positif pada peringkat dunia Thailand di ranking FIFA.

Bagaimana tidak, seperti dilansir Footy Rankings di X, Rabu (17/1/2024), Thailand melompati delapan anak tangga sekaligus di ranking FIFA berkat kemenangan ini.

Kini hampir mendekati 100 besar ranking FIFA, Thailand naik dari peringkat 113 ke ranking 105 saat ini.

Sementara itu, Kirgistan yang tadinya ada di 100 besar, harus rela melorot. Tim Asia Tengah itu turun tiga peringkat, dengan kini ada di peringkat 101 dunia.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #kemenangan #super #manis #thailand #piala #asia #2023 #ketiban #durian #runtuh #ranking #fifa

KOMENTAR