Indra Sjafri: Turnamen Toulon Jadi Proses Seleksi Pemain Keturunan Timnas Indonesia U-20
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri (tengah). (dok. PSSI)
06:24
16 Mei 2024

Indra Sjafri: Turnamen Toulon Jadi Proses Seleksi Pemain Keturunan Timnas Indonesia U-20

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri seperti belum yakin dengan kemampuan beberapa pemain keturunan yang sempat ditemuinya di Belanda baru-baru ini. Oleh sebab itu, ia berencana menjajal kemampuan mereka di Turnamen Toulon.

Baru-baru ini Indra Sjafri blusukan ke Belanda untuk memantau sejumlah pemain keturunan.

Juru taktik asal Sumatera Barat itu menemui tujuh pemain yang bersedia membela Timnas Indonesia U-20.

Mereka adalah Jens Raven, Xavi Wouldstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, Sacha Deighton, dan D'Leanu Arts. Khusus Jens Raven sudah sesuai kriteria sehingga kemungkinan besar dilanjut proses naturalisasi.

Sementara untuk yang lainnya harus menjalani tes terlebih dahulu di Turnamen Toulon, turnamen eksibisi internasional di Prancis.

Jika sesuai kriteria, Indra akan membuat permohonan naturalisasi kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Kalau (tim) senior, informasi sudah banyak tentang si pemain, background dan profil sudah cukup untuk menentukan dia yang terbaik. Oleh karena itu, dari tujuh pemain ini, di luar Jens Raven, saya minta kepada ketum untuk saya ajak dulu ke Turnamen Toulon," terang Indra Sjafri saat ditemui di Kompleks GBK, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Turnamen Toulon sendiri akan berlangsung pada 3-16 Juni 2024. Timnas Indonesia U-20 berada satu grup bersama dengan Ukraina, Italia, Jepang, dan Panama.

Sebelum itu, tim Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-20-- akan menggelar training camp (TC) terlebih dahulu di Italia. Pemusatan latihan akan dimulai pada 24-31 Mei.

Setelah semua kegiatan selesai, Indra akan memutuskan apakah mereka layak memperkuat Timnas Indonesia U-20.

"Berlatih di sana sekitar 5-7 hari, setelah itu kita upayakan dia bisa bermain di Turnamen Toulon. Selesai itu, baru kita akan simpulkan apakah dia akan lanjut naturalisasi atau tidak," ungkap Indra Sjafri.

"Jadi sabar, saya sebagai pelatih akan bertanggung jawab terhadap pemain yang saya pilih. Saya takut karena ini menyangkut masa depan pemain juga. Saya sangat hati-hati dan menginginkan banyak informasi tentang pemain yang akan kita tetapkan nanti," pungkasnya.

Timnas Indonesia U-20 sendiri akan dipersiapkan untuk menghadapi beberapa ajang penting seperti Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dan lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #indra #sjafri #turnamen #toulon #jadi #proses #seleksi #pemain #keturunan #timnas #indonesia

KOMENTAR