7 Negara yang Sudah Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia Menyusul?
Penyerang timnas Jepang Ayase Ueda berebut bola melawan bek timnas Indonesia Justin Hubner pada pertandingan ketiga Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al-Thumama di Doha pada 24 Januari 2024. HECTOR RETAMAL / AFP.
14:54
15 Mei 2024

7 Negara yang Sudah Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia Menyusul?

Sebanyak tujuh negara dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, zona Asia masih akan menggelar dua laga terakhir fase grup termasuk Timnas Indonesia.

Di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dicari 18 negara untuk lolos ke babak ketiga zona Asia, dua tim yang diambil juara dan runner-up grup A sampai I.

Hingga saat ini sudah ada tujuh negara yang mendapat tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, ketujuh negara ini juga mendapat keuntungan lain.

Lolos ke babak ketiga kualifikasi membuat mereka memastikan tempat di putaran final Piala Asia 2027, lantas bagaimana dengan Timnas Indonesia?

Skuad Garuda masih menyisakan dua laga sisa, melawan Vietnam pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong hanya butuh satu kemenangan guna memastikan tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dan memastikan tiket langsung ke Piala Asia 2027, lantas negara mana yang sudah mendapatkan dua tiket tersebut? berikut di antaranya.

1. Australia

Australia tampil dominan di Grup I, menyapu bersih empat laga dengan kemenangan dan mengoleksi poin sempurna 12 angka.

Selain itu Socceroos berhasil mencatat 15 gol tanpa sekalipun kebobolan, Australia kini unggul lima poin dari peringkat kedua, Palestina.

2. Irak

Irak memimpin Grup F dengan koleksi 12 poin, unggul lima poin dari Timnas Indonesia yang duduk di peringkat kedua.

Meski begitu, Irak masih menyisakan dua laga sisa melawan Vietnam dan Indonesia, meski hasilnya sudah tak berpengaruh untuk mereka.

3. Jepang

Sama seperti dua tim di atas, Jepang juga mengoleksi 12 poin hasil 4 laga babak kualifikasi usai menyapu bersih 4 laga dengan kemenangan.

Jepang unggul lima poin atas Suriah yang duduk di peringkat kedua klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

4. Iran

Iran mengoleksi tiga kemenangan dan sekali imbang, hingga 4 laga babak kualifikasi telah mengoleksi 10 poin di level ini.

Meski begitu koleksi 10 angka ini sama dengan koleksi Uzbekistan yang duduk di peringkat kedua, Iran dipastikan lolos ke babak ketiga.

5. Uzbekistan

Meski duduk di diperingkat kedua Grup E di bawah Iran, Uzbekistan memastikan langkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Uzbekistan unggul selisih 9 poin dari Turkemnistan dan Hong Kong yang duduk di peringkat ketiga dan keempat klasemen Grup E.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab duduk di peringkat pertama klasemen Grup H dengan koleksi 12 poin, unggul tiga angka dari Bahrain di peringkat kedua.

Menyapu bersih empat laga, UEA dipastikan mengamankan satu tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

7. Qatar

Qatar mengoleksi 12 poin, hasil menyapu bersih empat pertandingan di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua.

Unggul tujuh angka dari India yang duduk di peringkat kedua dan Afghanistan di peringkat ketiga, sementara Kuwait di dasar klasemen dengan koleksi 3 poin.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #yang #sudah #lolos #babak #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #zona #asia #timnas #indonesia #menyusul

KOMENTAR