Yuk Bisa Yuk Tinggal Menang Lawan Irak, Timnas Indonesia Langsung Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026?
Skuad Timnas Indonesia U-23. (pssi.org)
14:30
15 Mei 2024

Yuk Bisa Yuk Tinggal Menang Lawan Irak, Timnas Indonesia Langsung Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Untuk mencapai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia masih memerlukan tiga poin tambahan sebagai upaya keras mereka dalam meraih tiket sebagai runner-up Grup F.

Pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia telah berhasil mengumpulkan tujuh gol dari empat pertandingan yang telah mereka jalani.

Dari hasil tersebut, mereka berhasil meraih kemenangan dua kali melawan Vietnam (1-0 dan 3-0), bermain imbang 1-1 melawan Filipina, dan menelan kekalahan 1-3 dari Irak.

Ke depannya, Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan berat saat bersua dengan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di stadion kandang mereka, Garuda.

Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea pada play-off Olimpiade Paris 2024. (Dok. Official Website PSSI/PSSI.org)Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea pada play-off Olimpiade Paris 2024. (Dok. Official Website PSSI/PSSI.org)

Irak saat ini menduduki posisi puncak di Grup F dengan mengumpulkan 12 poin dari empat pertandingan yang telah dilakoninya, dan mereka telah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Namun, perlu diingat bahwa skuad Garuda masih belum bisa merasa aman.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kedua dengan mengumpulkan tujuh poin, diikuti oleh Vietnam dengan tiga poin, sementara Filipina hanya mampu meraih satu poin dan sudah dipastikan tidak bisa melangkah lebih jauh.

Meskipun demikian, Timnas Indonesia tetap harus berhati-hati karena masih ada peluang untuk disalip oleh Vietnam, yang akan menghadapi Filipina dan Irak.

Dengan meraih kemenangan dalam kedua pertandingan tersebut, Vietnam berpeluang meraih sembilan poin, yang mana merupakan perolehan poin maksimal bagi mereka.

Untuk memastikan langkah mereka ke babak selanjutnya, Timnas Indonesia perlu meraih kemenangan dalam salah satu dari dua pertandingan yang akan datang sehingga mereka bisa mengumpulkan tiga poin tambahan dan meraih perolehan poin maksimal sebanyak 10.

Dengan begitu, perolehan poin Timnas Indonesia tidak akan bisa dikejar oleh Vietnam.

Selanjutnya, dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, akan ada 18 tim yang akan dibagi menjadi tiga grup, masing-masing terdiri dari enam tim.

Juara dan runner-up dari setiap grup akan langsung mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2026.

Sementara itu, tim-tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan melanjutkan perjuangan mereka dalam babak keempat untuk merebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket untuk babak playoff.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #bisa #tinggal #menang #lawan #irak #timnas #indonesia #langsung #lolos #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR