Bek Vietnam Klaim Temukan Kelemahan Timnas Indonesia, Bahas Peluang Adu Fisik
Para pemain Timnas Vietnam berpose sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Filipina dan Vietnam di Manila pada 16 November 2023. Ted ALJIBE / AFP
09:36
17 Januari 2024

Bek Vietnam Klaim Temukan Kelemahan Timnas Indonesia, Bahas Peluang Adu Fisik

Bek Timnas Vietnam, Xuan Manh menegaskan laga kontra Timnas Indonesia dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 sangat penting untuk memperbesar peluang lolos timnya ke 16 besar.

Jelang pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024) itu, Xuan Manh mengaku sudah mengetahui kelemahan Timnas Indonesia.

Berdasarkan pengamatan di laga Indonesia vs Irak, Xuan menyebut tim asuhan Shin Tae-yong terlihat lemah di sektor tengah dan hal itu akan dimanfaatkan Vietnam untuk mendominasi permainan.

"Kami akan menganalisis lebih lanjut tetapi secara pribadi saya pikir mereka memiliki banyak ruang [kosong] di belakang lini tengah," ujar Xuan Manh dikutip dari TheThao247, Rabu (17/1/2024).

Lebih jauh, Xuan mengaku enggan meremehkan Timnas Indonesia. Meski dominan dalam beberapa tahun terakhir, Garuda dinilainya punya potensi untuk memberikan masalah kepada Vietnam.

Para pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFPPara pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP

Salah satu yang sangat dirinya perhatikan dari karakter pemain Timnas Indonesia adalah kemauan untuk berduel atau adu fisik.

"Saya melihat semangat bersaing Indonesia selalu tinggi, bersatu dan pasti," kata Xuan.

"Semangat juga menjadi kelebihan mereka, pemain Indonesia tidak takut bertabrakan."

Laga ini dianggap sebagai pertandingan paling krusial bagi kedua tim, mengingat pada matchday pertama Grup D, mereka sama-sama menelan kekalahan.

Vietnam yang sempat unggul 2-1, pada akhirnya tumbang dari Jepang dengan skor 2-4. Sementara Timnas Indonesia dihajar Irak dengan skor 1-3.

Xuan Manh mengerti bahwa pertandingan ini bisa menentukan peluang mereka ke babak 16 besar. Karenanya, dia menegaskan The Golden Star Warriors cuma punya satu tujuan yakni meraih kemenangan.

"Pastinya tim Vietnam harus menang untuk mencari peluang melaju ke babak selanjutnya. Tujuan pribadi saya adalah bermain," jelas Xuan Manh.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #vietnam #klaim #temukan #kelemahan #timnas #indonesia #bahas #peluang #fisik

KOMENTAR