Mantan Pelatih Timnas Indonesia Bela Shin Tae-yong, Akui Pemain Liga 1 Belum Setara Keturunan
Shin Tae-yong saat mendampingi timnas Indonesia U-23 hadapi Uzbekistan (pssi.org)
18:18
7 Mei 2024

Mantan Pelatih Timnas Indonesia Bela Shin Tae-yong, Akui Pemain Liga 1 Belum Setara Keturunan

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar, memberi dukungan kepada Shin Tae-yong soal keputusan pemilihan pemain keturunan.

Sosok yang pernah menukangi beberapa klub besar di Indonesia itu menilai bahwa kekuatan Timnas di era Shin Tae-yong ini masih cukup jomplang.

Dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi Nasional, Nil Maizar mendukung bahwa Indonesia membutuhkan pemain diaspora atau pemain keturunan.

Usai dikalahkan Irak U-23 pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, STY menyebut kesulitan dalam memilih pemain karena adanya perbedaan cukup jauh antara pemain pelapis dengan pemain inti.

Oleh karena itu Shin Tae-yong terus memainkan pemain yang sama dalam setiap pertandingan sehingga berdampak pada fisik menurun.

"Ini menarik untuk dievaluasi, saya mungkin berpikiran STY nggak berani menurunkan diluar yang ada saat ini karena memang kedalaman skuad kita tidak sebagus yang ada di tim-tim lain seperti Irak atau Uzbekistan," kata Nil Maizar. 

Sosok-sosok macam Justin Hubner hingga Nathan Tjoe-A-On bahkan terus dipasang bermain. Nil Maizar menilai kondisi ini karena kedalaman skuad Timnas Indonesia yang belum merata.

"Kalau misalnya Justin (Hubner) nggak main, Nathan (Tjoe-A-On) nggak main, lah siapa yang mau main lagi?," sambungnya.

“Ini (pemilihan pemain) pasti diakui oleh STY. Kalau Nathan tidak main, siapa penggantinya? Kita harus jujur juga, jadi kedalam skuad ini untuk ke depan memang harus kita cari putra-putra daerah Bangsa ini yang bagus,” tuturnya.

Nil Maizar tidak mengucilkan pemain-pemain lokal dari Liga Indonesia dan berharap semakin banyak pemain muda yang muncul.

Tapi, ia juga tidak menutup peluang agar PSSI menambah kekuatan Timnas Indonesia dengan mencari pemain-pemain diaspora lagi.

“Apakah itu dari Liga 1 yang ada atau apakah kita perlu menambah pemain diaspora lagi. Karena pertandingan seperti melawan Uzbekistan, kita tidak punya lagi (pemain pengganti setara),” tegas Nil Maizar.

Shin Tae-yong sendiri saat ini sedang mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi Guinea U-23 dalam laga playoff Olimpiade Paris 2024.

Pertandingan ini bakal berlangsung di Clairefontaine, Paris, Prancis pada Kamis (9/5/2024) pukul 19.00 WIB.

Kontributor: Aditia Rizki 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mantan #pelatih #timnas #indonesia #bela #shin #yong #akui #pemain #liga #belum #setara #keturunan

KOMENTAR