Pendidikan Shen Yinhao, Wasit Kontroversi Indonesia vs Uzbekistan yang Ternyata Dosen di Universitas China
Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan, Shen Yinhao. (Dok. AFC)
11:48
30 April 2024

Pendidikan Shen Yinhao, Wasit Kontroversi Indonesia vs Uzbekistan yang Ternyata Dosen di Universitas China

Mengupas Pendidikan Shen Yinhao, wasit kontroversial asal China yang memimpin laga semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 baru saja menuntaskan pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan U-23, Senin (29/4) malam WIB.

Pada pertandingan tersebut, skuad Garuda Muda harus menerima kekalahan dengan skor 0-2 dan gagal melaju ke babak final.

Adapun gol-gol kemenangan Uzbekistan diciptakan di babak kedua lewat Khusayin Norchaev di menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-86.

Sejatinya kekalahan itu bisa saja terhindar, mengingat Timnas Indonesia U-23 sempat mencetak gol melalui Muhammad Ferarri di menit ke-61.

Sayang wasit yang memimpin pertandingan, yakni Shen Yinhao, memutuskan menganulir gol tersebut karena adanya indikasi offside.

Tak ayal nama Shen Yinhao pun kian menjadi sasaran netizen Tanah Air. Terlebih setelah kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho, diusir karena kartu merah pada menit ke-84.

Banyak netizen Tanah Air yang kemudian mencari tahu sosok wasit asal China itu. Siapa sangka, Shen Yinhao ternyata punya latar belakang yang kontroversial.

Latar belakang kontroversialnya itu terlihat dari pendidikannya. Lantas, bagaimana dengan pendidikan yang dimiliki oleh Shen Yinhao?

Terjerat Kasus Plagiarisme

Dilansir dari media China, ZDZJQ, Shen Yinhao diketahui memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni. Saat ini dirinya berstatus dosen di Tongji University.

Disebutkan bahwa wasit berusia 38 tahun tersebut merupakan dosen di fakultas Pendidikan Olahraga atau Pendidikan Jasmani.

Tak hanya bertindak sebagai dosen, ia juga diketahui berstatus Wakil Dekan di akademi sepak bola kampus tersebut serta telah menuntaskan gelar S2 dan S23.

Dikutip dari sumber yang sama, Shen Yinhao pernah terjerat kasus plagiarisme pada 2017 lalu. Disebutkan, karya ilmiahnya memiliki kesamaan dengan karya ilmiah Lu Yunfei pada 2012 silam.

Di samping kasus plagiarisme itu, Shen Yinhao juga dikenal sebagai wasit kontroversial di negaranya sendiri dan sempat mendapat sorotan tajam karena keputusan-keputusannya.

Salah satunya adalah di laga Beijing Guoan FC vs Shandong Taishan. Pada pertandingan tersebut, Shen Yinhao memberi penalti kepada tuan rumah.

Penalti itu disebut banyak media China sebagai penebusan dosanya setelah Shen Yinhao tak menghukum pemain Shandong Taishan yang melakukan pelanggaran.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pendidikan #shen #yinhao #wasit #kontroversi #indonesia #uzbekistan #yang #ternyata #dosen #universitas #china

KOMENTAR