Publik Vietnam Ikut Sedih Skuad Garuda Gagal ke Final Piala Asia U-23: VAR Hilangkan Mimpi Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia Rizky Ridho berebut bola dengan pemain Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024). [PSSI]
07:42
30 April 2024

Publik Vietnam Ikut Sedih Skuad Garuda Gagal ke Final Piala Asia U-23: VAR Hilangkan Mimpi Timnas Indonesia

Outlet media Vietnam, Soha VN, melaporkan kejutan atas kekalahan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 0-2 melawan Uzbekistan U-23 dalam babak semifinal Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung pada Senin, 29 April 2024.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Timnas Garuda Muda kehilangan kesempatan untuk meraih dominasi di Asia, dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat melalui Video Assistant Referee (VAR).

Soha VN menekankan bahwa Timnas Indonesia U-23 hampir saja mencapai puncak kejayaan di Asia dengan berpeluang melaju ke final Piala Asia U-23 2024.

Akan tetapi, harapan tersebut pupus setelah Timnas asuhan Shin Tae-yong dikalahkan oleh Uzbekistan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Penggunaan VAR terbukti berperan penting dalam kegagalan Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan U-23.

Keputusan wasit utama Shen Yinhao dan asisten wasit VAR Sivarkorn Pu-udom setiap kali meninjau VAR, cenderung merugikan Tim Garuda Muda.

Sejumlah keputusan kritis terjadi, mulai dari penalti yang dianulir setelah Shen Yinhao mengkonsultasikan VAR, gol Muhammad Ferarri yang dinyatakan tidak sah karena Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside, hingga dikeluarkannya kartu merah untuk Rizky Ridho di menit 84.

Setiap kali Shen Yinhao mengkonsultasikan keputusan dengan VAR, tampaknya selalu berakhir dengan kerugian bagi Timnas Indonesia U-23, yang akhirnya kalah dengan skor 0-2.

Menurut artikel Soha VN berjudul ‘Tercengang Gara-Gara VAR, Indonesia Kehilangan Mimpinya Menaklukkan Asia’, "VAR mengakibatkan pembatalan gol Indonesia dan pengusiran salah satu pemainnya dalam pertandingan melawan Uzbekistan U-23."

“Gol tersebut akan mendekatkan mereka pada impian Olimpiade, sebuah momen bersejarah mengingat ini adalah kali pertama mereka berpotensi mencapai final Asia U-23,” lanjut laporan Soha VN.

Namun, sorak-sorai suporter berakhir seketika saat wasit memeriksa VAR dan mendapati adanya kesalahan offside, sehingga gol Timnas Indonesia U-23 dianulir.

Meskipun mengalami kekalahan, Soha VN tetap memberikan apresiasi terhadap perjuangan Timnas Indonesia U-23 yang berhasil memberikan perlawanan berarti kepada Uzbekistan U-23.

Mereka berpendapat bahwa peluang Timnas Indonesia U-23 untuk meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka lebar, dengan pertandingan mendatang melawan Irak U-23 untuk memperebutkan posisi ketiga di Piala Asia U-23 2024.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #publik #vietnam #ikut #sedih #skuad #garuda #gagal #final #piala #asia #hilangkan #mimpi #timnas #indonesia

KOMENTAR