Cerita Kim Sang-sik, Bekas Anak Buah Shin Tae-yong yang Bikin Kontroversi Lawan Klub Pratama Arhan
Pelatih asal Korea Selatan, Kim Sang-Sik dikabarkan jadi nahkoda baru Timnas Vietnam. [Soha.vn]
20:36
29 April 2024

Cerita Kim Sang-sik, Bekas Anak Buah Shin Tae-yong yang Bikin Kontroversi Lawan Klub Pratama Arhan

Nama Kim Sang-sik jadi pembicaraan di Vietnam setelah beberapa media Korea Selatan melaporkan sosok tersebut akan ditunjuk menjadi pelatih baru The Golden Star Warriors.

Timnas Vietnam saat ini memang belum punya pelatih kepala setelah memecat Philippe Troussier bulan lalu. Kim Sang-sik digadang-gadang jadi penerusnya.

Kim bukanlah orang baru di dunia sepak bola. Sebagai pemain, dia lama berkarier di Seongnam Ilhwa Chunma yang kini bernama Seongnam FC.

Sementara sebagai pelatih, dia punya pengalaman menjadi assisten manager Jeonbuk Hyundai pada 2013 sebelum ditunjuk menjadi manajer tim tersebut pada 2020.

Namun kebersamaan Kim dengan Jeonbuk hanya bertahan tuga tahun sebelum dirinya hengkang usai memimpin tim dalam 108 pertandingan pada 4 Mei 2023 lalu.

Media Vietnam, TheThao247 pun membahas soal sosok Kim Sang-sik karena digadang-gadang bakal jadi nakhoda baru timnas Vietnam.

koleksi sepatu Shin Tae-yong (Instagram/@shintaeyong7777)koleksi sepatu Shin Tae-yong (Instagram/@shintaeyong7777)

Salah satu yang mereka soroti adalah perihal kontroversi sosok yang diketahui merupakan mantan rekan sekaligus anak buah Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma.

"Namun, selama karir kepelatihannya, pelatih Kim Sang Sik juga menimbulkan kontroversi," tulis TheThao247.

Salah satu aksi kontroversial Kim yang paling diingat adalah ketika dia melakukan selebrasi saat timnya tertinggal 0-3 dari Suwon FC.

Banyak pihak yang keheranan dengan aksi tersebut lantaran bukan hal umum seorang pelatih merayakan gol yang dicetak lawannya.

"Pelatih Kim Sang-sik pernah melakukan selebrasi setelah Ilyuchenko mencetak gol tepat jelang babak kedua berakhir, saat lawannya, Suwon FC unggul 3-0."

"Banyak pihak yang penasaran dengan tindakan pelatih Kim Sang-sik dalam situasi timnya tengah tertinggal jauh."

Kim Sang-sik diketahui pernah jadi rekan setim Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma. Keduanya jadi rekan setim dalam periode 1999 hingga 2005.

Pada 2008, Kim yang masih membela klub tersebut harus didepak Seongnam yang saat itu baru menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih utama.

Shin Tae-yong menggantikan Kim yang berstatus sebagai manajer sekaligus pemain. Momen itu pun membuat Kim marah dan sempat mengkritik Shin Tae-yong dan Seongnam habis-habisan.

Andai jadi melatih Vietnam, Kim dan Shin Tae-yong akan kembali bertemu di lapangan, kali ini sebagai sesama manajer tim lawan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #cerita #sang #bekas #anak #buah #shin #yong #yang #bikin #kontroversi #lawan #klub #pratama #arhan

KOMENTAR