Shin Tae-yong Emosi Ivar Jenner Kena Kartu Merah 'dari Langit', Heran Wasit Tak Gunakan VAR
Wasit Nasrullah Kabirov mengacungkan kartu merah kepada pemain Timnas Indonesia U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 kontra Qatar U-23 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha pada Senin (15/4/2024) malam WIB. [PSSI]
08:48
16 April 2024

Shin Tae-yong Emosi Ivar Jenner Kena Kartu Merah 'dari Langit', Heran Wasit Tak Gunakan VAR

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tak bisa menyembunyikan kekesalannya saat membahas kartu merah yang diterima Ivar Jenner dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan di Jassim bin Hamad, Doha itu, skuad Garuda Muda kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar dalam laga yang diwarnai banyaknya keputusan kontroversial wasit Nasrullah Kabirov.

Selain gol pertama Qatar yang berbau diving, wasit Tajikistan dianggap bikin keputusan yang salah saat memberi Ivar Jenner kartu kuning kedua di awal babak kedua.

Dalam prosesnya, Jenner terlibat dalam situasi perebutan bola dengan bek Qatar Saifeldeen Fadlalla. Namun, saat pemain tuan rumah melancarkan tekel, gelandang FC Utrecht itu memilih untuk melompat untuk menghindarinya.

Namun, Saifeldeen Fadlalla bereaksi dengan mengerang kesakitan meski dalam tayangan ulang, Jenner hampir tidak melakukan kontak dengan lawan.

Wasit Kabirov nyatanya mengambil keputusan yang membuat skuad Timnas Indonesia U-23 keheranan. Dia memberikan kartu kuning kedua untuk Jenner.

Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Muhammad Ferarri (kedua kanan) menyundul bola saat melawan Timnas U-23 Qatar pada Kualifikasi Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024). ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/YU Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Muhammad Ferarri (kedua kanan) menyundul bola saat melawan Timnas U-23 Qatar pada Kualifikasi Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024). ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/YU

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Shin Tae-yong mengaku heran dengan keputusan wasit perihal kartu kuning kedua untuk Jenner.

Juru taktik asal Korea Selatan itu semakin bingung karena wasit sama sekali tidak berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR) saat membuat keputusan tersebut.

"Kartu merah pertama yang kita dapat, tidak ada kontak sama sekali. Saya tak mengerti," kata Shin Tae-yong.

"Kok bisa tak gunakan VAR di situasi seperti itu?" tambahnya.

Selain Jenner, Timnas Indonesia U-23 juga kehilangan satu pemain di akhir laga setelah Ramadhan Sananta dikartu merah langsung karena menginjak lawan.

Hasll ini, plus dua kartu merah yang diterima, membuat perjuangan Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 kian sulit.

Jenner dan Sananta akan absen dalam laga berikutnya kontra Australia U-23 yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 18 April mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #emosi #ivar #jenner #kena #kartu #merah #dari #langit #heran #wasit #gunakan

KOMENTAR