Sah Segel Gelar Bundesliga Jerman, Ini 3 Rekor Fenomenal yang Diukir Bayer Leverkusen
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso melakukan selebrasi usai timnya memastikan gelar juara Bundesliga Jerman 2023/2024. [Ina Fassbender / AFP]
05:00
15 April 2024

Sah Segel Gelar Bundesliga Jerman, Ini 3 Rekor Fenomenal yang Diukir Bayer Leverkusen

Bayer Leverkusen akhirnya menyegel gelar juara Bundesliga alias Liga Jerman musim ini setelah menghancurkan Werder Bremen 5-0 pada laga kandang pekan ke-29 di Stadion BayArena, Leverkusen yang rampung Senin (15/4/2024) dini hari WIB.

Kemenangan Bayer Leverkusen terjadi berkat hat-trick Florian Wirtz, dan masing-masing satu gol dari Victor Boniface dan Granit Xhaka.

Meski Bundesliga 2023/2024 masih menyisakan lima pekan lagi, poin Leverkusen di pucuk klasemen sudah tak mungkin terkejar lagi oleh pesaing-pesaing terdekat; Bayern Munich di peringkat kedua dan Stuttgart pada posisi ketiga.

Leverkusen besutan pelatih Xabi Alonso menempati posisi pertama klasemen Liga Jerman dengan 79 poin dari 29 laga.

Pelatih Xabi Alonso bersama pemain Bayer Leverkusen. (ANTARA/AFP/Ina Fassbender/am)Pelatih Xabi Alonso bersama para pemain Bayer Leverkusen. (Antara/AFP/Ina Fassbender)

Melawan Bremen di BayArena, Leverkusen mendominasi pertandingan dengan 56 persen penguasaan bola dan 19 percobaan gol yang lima diantaranya tepat sasaran.

Memiliki misi menyegel gelar juara di hadapan publik sendiri, Leverkusen langsung menyerang, namun baru dapat menciptakan gol pada menit 25 lewat tendangan penalti Victor Boniface.

Justin Hofmann dilanggar Julian Malatini di kotak penalti. Boniface sukses menaklukkan kiper Bremen Michael Zetterer.

Pesta Leverkusen berlanjut pada menit 60 melalui tendangan jarak jauh Granit Xhaka yang membobol gawang Bremen.

Dua menit kemudian Florian Wirtz membawa Leverkusen unggul tiga gol melalui tendangan kaki kanannya setelah memanfaatkan umpan Robert Andrich.

Wirtz tampil brilian dengan mencatatkan hat-trick setelah kembali membobol gawang Bremen pada menit 83 dan 90.

Berikut tiga fakta yang diukir Bayer Leverkusen usai memastikan diri juara Bundesliga 2023/2024:

1. Ini merupakan gelar liga kasta tertinggi Jerman perdana bagi Bayer Leverkusen sepanjang sejarah klub sejak berdiri pada tahun 1904.

2. Bayer Leverkusen sukses mematahkan dominasi total Bayern Munich yang sebelumnya menyabet 11 gelar juara Bundesliga secara beruntun.

3. Bayer Leverkusen sama sekali belum terkalahkan di Bundesliga musim ini dengan menuai 25 kemenangan dan empat hasil imbang. Leverkusen tercatat juga sudah tak terkalahkan dalam 43 pertandingan di semua ajang secara beruntun. Mereka menyamai catatan Juventus yang melalui 43 partai tanpa kalah pada rentang waktu Mei 2011 sampai Mei 2012 silam.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #segel #gelar #bundesliga #jerman #rekor #fenomenal #yang #diukir #bayer #leverkusen

KOMENTAR