Shin Tae-yong Ternyata Ngebet Ingin Naturalisasi Pemain yang 'Dibenci' Suporter Indonesia
Shin Tae-yong (Instagram/Shin Tae-yong)
20:18
13 April 2024

Shin Tae-yong Ternyata Ngebet Ingin Naturalisasi Pemain yang 'Dibenci' Suporter Indonesia

Fakta mengejutkan diungkap eks anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, perihal keinginan Shin Tae-yong agar Emil Audero Mulyadi memperkuat Timnas Indonesia.

Permintaan Shin Tae-yong agar PSSI menaturalisasi Emil Audero Mulyadi muncuat medio 2022 lalu, saat Hasani Abdulgani aktif berkomunikasi dengan koleganya di Italia.

Kolega Hasani Abdulgani di Italia itu diketahui merupakan agen pemain yang diminta untuk mengatur pertemuan dengan perwakilan Emil Audero Mulyadi.

Usaha itu memang berbuah sebuah pertemuan, sayangnya pertemuan yang terjadi tidak menghasilkan apa pun karena Emil Audero Mulyadi memilih Italia.

Kiper yang saat ini bermain untuk Inter Milan itu masih menaruh minat dan hasrat tingginya dipanggil memperkuat Timnas Italia.

"Pak Hasani, jika Anda dapat mendaratkan Emil Audero ke Timnas Indonesia, itu akan menjadi pilihan utama saya," ucap Hasani Abdulgani menirukan perkataan Shin Tae-yong.

Begitulah sikap Shin Tae-yong kepada pemain yang dinginkannya bermain untuk Timnas Indonesia, meski pada kenyataan berbanding terbalik.

Lantas apakah kemudian Emil luluh dan mau untuk dinaturalisasi? Peluang itu masih terbuka mengingat Erick Thohir baru saja bersua dengannya dan bersalaman.

Bukan tidak mungkin ada pembicaraan atau rayuan supaya kiper Inter Milan itu bersedia dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

Tidak Disukai Suporter Indonesia

Meski begitu, kehadiran kiper sekaliber Emil Audero belum tentu membuat publik senang. Eks kiper Juventus itu kini justru dibenci sebagian suporter Timnas Indonesia, setelah melihat betapa angkuhnya sang ayah.

Edi Mulyadi bahkan menyebut jika peluang Emil Audero membela Timnas Indonesia hanyalah sebatas mimpi karena level skuad Garuda yang masih rendah.

Ia menilai kualitas Timnas Indonesia masih jauh dari level Piala Dunia, apalagi Piala Asia meski hal itu sudah dibuktikan Shin Tae-yong.

"Mimpi kali, kalau Emil ingin bermain di Piala Dunia ya harus diambil di sana (Timnas Italia)" ucap Edi Mulyadi.

"Indonesia lolos Asia saja enggak, apalagi Piala Dunia. Enggak usah, apa sih penghargaannya di Indonesia," imbuhnya.

Prestasi Timnas Indonesia perlahan menunjukkan levelnya, usai lolos hingga babak 16 besar Piala Asia 2023 lalu, kini bertahap menuju Piala Dunia 2026.

Hanya tinggal satu kemenangan membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di komposisi pemain, sejumlah pemain keturunan Grade A juga perlahan muncul satu per satu membela Timnas Indonesia.

Seperti Thom Haye, Jay Idzes hingga Ragnar Oratmangoen yang kualitasnya tak jauh berbeda dengan sosok Emil Audero Mulyadi.

Di samping itu Timnas Indonesia juga bakal kedatangan Maarten Paes, kiper yang saat ini bermain di Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat, membela FC Dallas.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #shin #yong #ternyata #ngebet #ingin #naturalisasi #pemain #yang #dibenci #suporter #indonesia

KOMENTAR