Jelang Piala Asia U-23, Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Ada di Grup Neraka
Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia U-23 melawan UEA U-23 pada 9 April 2024 (pssi.org)
13:12
12 April 2024

Jelang Piala Asia U-23, Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Ada di Grup Neraka

Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, berbicara mengenai persaingan yang menanti di Piala Asia U-23 2024, menyebut bahwa timnya akan menghadapi tantangan besar di grup yang cukup sulit.

Grup A, tempat Indonesia berada, diisi oleh tim tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Qatar, yang sudah menjadi tuan rumah sebanyak lima kali sebelumnya, bersama dengan Australia dan Yordania, yang masing-masing telah berpartisipasi dalam enam edisi sebelumnya.

Sebelumnya, Australia, Qatar, dan Yordania telah mencapai posisi ketiga dalam turnamen ini.

Shin Tae-yong belum move on dengan kemenangan telak timnas Indonesia lawan Vietnam. (Instagram/@shintaeyong7777)Shin Tae-yong belum move on dengan kemenangan telak timnas Indonesia lawan Vietnam. (Instagram/@shintaeyong7777)

Qatar meraih pencapaian tersebut pada tahun 2018, sementara Yordania pada tahun 2013, dan Australia pada tahun 2020.

"Grup kami adalah grup neraka. Saya akan menggunakan pendekatan bahwa kami juga bisa menjadi tim yang bersaing dengan tim kuat," kata Shin dikutip dari media Korea Selatan Sedaily.

Ini merupakan kali pertama bagi Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Piala Asia U-23.

Sebelumnya, Indonesia tidak pernah lolos dari babak kualifikasi sejak turnamen pertama diadakan pada tahun 2013.

Pada edisi 2022, Indonesia tidak ikut serta dalam kualifikasi karena mendapat sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Garuda Muda akan mengawali perjuangan mereka dengan menghadapi Qatar pada tanggal 15 April, diikuti oleh pertandingan melawan Australia pada tanggal 18 April, dan terakhir bertemu dengan Yordania pada tanggal 21 April.

Hanya juara grup dan runner-up yang akan melangkah ke babak perempat final, yang merupakan target bagi Indonesia sebagai syarat terakhir untuk memperpanjang kontrak Shin.

Sementara PSSI menetapkan target yang lebih ambisius, yaitu lolos ke Olimpiade 2024 dengan syarat mencapai setidaknya peringkat ketiga.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jelang #piala #asia #shin #yong #timnas #indonesia #grup #neraka

KOMENTAR