Sempat Tak Dilirik, Kakang Rudianto Akhirnya Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, STY Terpaksa?
Pesepak bola Persib Bandung Kakang Rudianto berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (29/1/2022). Persib Bandung menang 1-0. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
09:12
9 April 2024

Sempat Tak Dilirik, Kakang Rudianto Akhirnya Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, STY Terpaksa?

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) membeberkan alasannya memanggil Kakang Rudianto. Sebelumnya, pemain Persib Bandung itu tidak dilirik juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Kakang Rudianto menjadi nama terakhir sejauh ini yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan menatap Piala Asia U-23 2024. Kehadirannya adalah untuk menambah komposisi pemain.

Sebagaimana diketahui Timnas Indonesia U-23 bakal tampil di Piala Asia U-23 2024 tidak dengan kekuatan terbaik. Tidak semua pemain yang diinginkan STY bisa bergabung.

Pesepak bola Indonesia U19 Kakang Rudianto (kiri) mencoba merebut bola mendahului kiper Thailand U19 Narongsak Naengwongsa (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.Pesepak bola Indonesia U19 Kakang Rudianto (kiri) mencoba merebut bola mendahului kiper Thailand U19 Narongsak Naengwongsa (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Seperti Elkan Baggott yang mengalami cedera. Kemudian, Alfeandra Dewangga tak bisa ikut lantaran tengah dalam proses pemulihan cedera.

Lalu, Justin Hubner baru dilepas oleh Cerezo Osaka pada 17 April. Oleh sebab itu, Kakang dipanggil untuk menambal lini belakang.

"Memang saat ini Justin Hubner, Alfeandra Dewangga, dan Elkan Baggott, tidak bisa datang. Akhirnya memanggil Kakang Rudianto merupakan keputusan yang saya pilih," kata Shin Tae-yong dalam keterangannya.

Timnas Indonesia U-23 tengah menggelar training camp (TC) di Dubai sejak awal April. Dua uji coba sudah dilakoni skuad Garuda Muda selama pemusatan latihan.

Pertama, Timnas Indonesia U-23 menyerah 1-3 saat bersua Arab Saudi. Kemudian, Rizky Ridho dan kawan-kawan mampu mengalahkan UEA dengan skor tipis 1-0.

"Ya dengan situasi seperti ini kami harus persiapkan timnas U-23 Indonesia lebih baik untuk bermain di Piala Asia U-23 2024," pungkasnya.

Piala Asia U-23 2024 dijadwalkan bergulir pada 15 April - 3 Mei. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama tim tuan rumah, Yordania, dan Australia.

Di laga pertama Grup A Timnas Indonesia U-23 akan melawan Qatar pada 15 April. Kemudian Australia (18/4/2024) dan terakhir menghadapi Yordania (21/4/2024).

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #sempat #dilirik #kakang #rudianto #akhirnya #dipanggil #timnas #indonesia #terpaksa

KOMENTAR