Ranking FIFA Meroket Tanpa Henti, Pasang Surut Perjalanan Timnas Indonesia di Bawah Komando Shin Tae-yong
Shin Tae-yong belum move on dengan kemenangan telak timnas Indonesia lawan Vietnam. (Instagram/@shintaeyong7777)
05:18
6 April 2024

Ranking FIFA Meroket Tanpa Henti, Pasang Surut Perjalanan Timnas Indonesia di Bawah Komando Shin Tae-yong

Timnas Indonesia mengalami lonjakan drastis di tabel peringkat FIFA setelah empat tahun diasuh Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan.

Meski sempat mengalami masa-masa sulit di bawah komando Shin Tae-yong, perlahan tapi pasti, perkembangan positif di alami Timnas Indonesia.

Pada Desember 2019, saat Shin Tae-yong pertama kali menangani tim, Timnas Indonesia berada di peringkat 173 dunia.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Dua tahun kemudian, Timnas Indonesia mengalami peringkat terburuk di bawah asuhan Shin Tae-yong, turun dua strip menjadi peringkat 175.

Di tengah kinerja yang mengecewakan, Timnas Indonesia tidak mampu tampil gemilang dalam tiga pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan dua kekalahan dan satu hasil imbang melawan Thailand.

Namun Timnas Indonesia mulai memperbaiki peringkat FIFA secara bertahap. Kemenangan dalam Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2020 memacu lonjakan peringkat mereka pada sisa tahun 2021, naik 15 strip.

Pada tahun berikutnya, serangkaian kemenangan dalam laga uji coba resmi membuat Timnas Indonesia berhasil meraih peningkatan peringkat yang signifikan.

Khususnya, keberhasilan mereka lolos ke putaran final Piala Asia 2023 membawa lonjakan peringkat yang cukup besar.

Akhirnya, Timnas Indonesia menutup tahun 2022 dengan naik ke peringkat 151, naik sembilan strip. Meskipun pada tahun 2023, kenaikan peringkat mereka terbatas hanya tiga strip.

Pada dua kesempatan di periode tersebut, Shin Tae-yong menyaksikan penurunan ranking Timnas Indonesia setelah dua kekalahan dalam FIFA Matchday, yakni pada Juni 2023 dan November 2023.

Pada Juni, mereka bermain imbang 0-0 dengan Palestina dan kalah 0-2 dari Argentina.

Sementara pada November, kekalahan telak 1-5 dari Irak dan hasil imbang 1-1 dengan Filipina dalam dua laga perdana putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menandai penurunan tersebut.

Meski begitu, Timnas Indonesia bangkit dengan menanjak 12 strip sejak akhir 2023 hingga saat ini, terutama berkat penampilan gemilang dalam Piala Asia 2023 dan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bulan Maret 2024.

Catatan tersebut membawa Timnas Indonesia ke peringkat ke-134, yang tertinggi dalam 13 tahun terakhir.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #ranking #fifa #meroket #tanpa #henti #pasang #surut #perjalanan #timnas #indonesia #bawah #komando #shin #yong

KOMENTAR