Piala Asia U-23 2024: Hanya Satu Sektor yang Tidak Ada Pemain Senior, Bisa Jadi Titik Lemah Indonesia
Skuad Timnas Indonesia U-23. (pssi.org)
04:06
4 April 2024

Piala Asia U-23 2024: Hanya Satu Sektor yang Tidak Ada Pemain Senior, Bisa Jadi Titik Lemah Indonesia

Timnas Indonesia U-23 berpotensi punya satu kelemahan jelang gelaran Piala Asia U-23 2024. Kelemahan itu berada di sektor belakang.

Shin Tae-yong sendiri sudah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23. Terdapat 14 pemain yang pernah menjadi bagian Timnas Indonesia senior.

Oleh karena itu setidaknya ada 14 pemain di Timnas Indonesia U-23 yang sudah terbiasa bermain di level atas dan memahami filosofi permainan STY.

Dari segi pengalaman, maka tidak ada celah untuk kelemahan di tubuh Timnas U-23 pasalnya hampir di semua sektor 14 pemain timnas senior yang memperkuat Timnas U-23.

Menyadur laman transfermarkt, para pemain Timnas Indonesia senior yang dipanggil ke Timnas U-23 memang tersebar di berbagai sektor, mulai dari penjaga gawang hingga penyerangan. Namun sayangnya, untuk posisi bek kanan, belum ada slot pemain senior yang mengisi posisi ini.

Di sektor penjaga gawang, terdapat dua pemain Timnas Senior yang berada dalam skuat U-23 kali ini. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi dan Muhammad Adi Satryo. 

Kemudian di sentral lini pertahanan, terdapat nama seperti Rizky Ridho, Justin Hubner, dan Muhammad Ferarri, sementara di sektor sebelah kiri ada nama Pratama Arhan dan Nathan Tjoe-A-On. 

Namun dari sektor belakang yaitu bek kanan, Timnas Indonesia U-23 tidak punya sosok yang pernah bermain di timnas senior.

Pasalnya para pemain di sektor bek kanan Timnas Indonesia, semuanya berada di usia lebih dari 23 tahun seperti Asnawi Mangkualam (24 tahun), Yakon Sayuri (26 tahun), dan Sandy Walsh (29 tahun).

Alhasil bek kanan Timnas Indonesia U-23 yang dipanggil oleh Shin Tae-yong murni hanya pernah bermain di timnas kelompok umur dan minim pengalaman di timnas senior.

Shin Tae-yong memanggil tiga pemain untuk posisi ini yaitu Bagas Kaffa, Ilham Rio Fahmi, dan Fajar Fathurrahman. Ketiganya menjadi bagian Timnas Indonesia U-22 yang menyabet medali emas SEA Games 2023.

Dari ketiganya, tak ada satupun pemain yang pernah merasakan pemanggilan skuat senior di bawah asuhan coach STY, sehingga berpotensi menjadi satu-satunya titik lemah di Timnas Indonesia U-23 pada Piala Asia edisi kali ini.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #piala #asia #2024 #hanya #satu #sektor #yang #tidak #pemain #senior #bisa #jadi #titik #lemah #indonesia

KOMENTAR