Usai Remehkan Kualitas Naturalisasi Indonesia, Eks Pelatih Myanmar Kini Masuk Kandidat Nakhoda Baru Vietnam
Pelatih Myanmar U-22 Velizar Popov (kiri) dalam acara konferensi pers jelang SEA Games 2019 Filipina di Manila, Minggu (24/11). [AFP/Ted Aljibe]
15:30
30 Maret 2024

Usai Remehkan Kualitas Naturalisasi Indonesia, Eks Pelatih Myanmar Kini Masuk Kandidat Nakhoda Baru Vietnam

Mantan pelatih Timnas Myanmar U-23, Velizar Popov, dirumorkan masuk sebagai salah satu kandidat pelatih baru Timnas Vietnam.

Velizar Popov sedikit banyak paham telah memahami sepak bola Vietnam. Sebab, ia sejak Desember 2022 melatih klub Thanh Hoa FC.

Apalagi kontraknya bersama Thanh Hoa FC akan berakhir pada Juni 2024. Sehingga, dirinya dianggap peluang untuk hijrah ke kursi kepala pelatih Vietnam.

Ditambah Velizar Popov juga memiliki pengalaman menangani Timnas Myanmar U-23, yakni pada Januari 2019 hingga November 2022.

"Baru-baru ini, ada beberapa rumor tentang pelatih Popov yang menjadi target sebagai kandidat untuk menggantikan pelatih Philippe Troussier," tulis media Vietnam, Zingnews.

"Pelatih asal Bulgaria itu pun buka-bukaan soal perpisahannya dengan Thanh Hoa saat musim tahun ini berakhir," imbuhnya.

Pernah Sebut Naturalisasi Indonesia Tak Lebih Baik dari Pemain Vietnam

Velizar Popov belum lama ini membuat penyataan yang memantik perhatian pendukung sepak bola Indonesia.

Ia menyebut bahwa pemain naturalisasi Indonesia tidak lebih bagus dari pemain Timnas Vietnam.

Timnas Indonesia kini diperkuat beberapa pemain keturunan. Mulai dari Jordi Amat, Sandy Walsh, Justin Hubner, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick.

Terbaru, Timnas Indonesia akan diperkuat oleh Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya sudah bisa bermain melawan Vietnam pada Selasa (26/3/2024).

Pelatih klub Vietnam Thanh Hoa FC itu sebelum pertandingan Vietnam vs Indonesia, menilai bahwa kualitas pemain keturunan Indonesia tak lebih bagus dari pemain Vietnam.

"Kelompok naturalisasi ini mungkin memiliki dampak di masa depan, tetapi untuk saat ini, mereka tidak lebih unggul dari pemain Vietnam," kata Velizar Popov, dilansir dari Soha.

Namun, Velizar Popov tampaknya harus menarik kata-katanya. Pasalnya, Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan telak 3-0 atas Vietnam.

Pemain keturunan Thom Haye mengemas assist, Ragnar Oratmangoen mencetak gol solo run, dan Jay Idzes gol via tandukan.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #usai #remehkan #kualitas #naturalisasi #indonesia #pelatih #myanmar #kini #masuk #kandidat #nakhoda #baru #vietnam

KOMENTAR