Skenario Gila tapi Masih Mungkin Terjadi: Filipina Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Para pemain Timnas Filipina. (instagram.com/neil38etheridge)
03:54
29 Maret 2024

Skenario Gila tapi Masih Mungkin Terjadi: Filipina Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda di ambang lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah menang di dua laga terkini.

Dua kemenangan atas Vietnam (1-0 dan 3-0) pada jeda internasional Maret ini membuat perolehan angka Timnas Indonesia di klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mencapai tujuh angka.

Skuad asuhan Shin Tae-yong unggul empat angka dari Timnas Vietnam di tempat ketiga, plus unggul enam poin dari Filipina di dasar klasemen.

Berhubung menyisakan dua laga sisa di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, lantas bagaimana syarat agar skuad asuhan Shin Tae-yong itu lolos ke babak selanjutnya?

Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026. [BAY ISMOYO / AFP]Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026. [BAY ISMOYO / AFP]

Timnas Indonesia hanya perlu memenangkan satu dari dua laga sisa Grup F untuk menyegel tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sekaligus putaran final Piala Asia 2027.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan menjamu Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina (11 Juni 2024).

Koleksi 10 poin takkan menggeser Timnas Indonesia dari posisi dua besar, sekaligus menemani Irak yang lebih dulu menjadi wakil Grup F di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bahkan berkat raihan poin yang sekarang, dua kekalahan dari Irak dan Filipina juga masih akan meloloskan Timnas Indonesia ke babak ketiga. Namun, tentunya dengan syarat.

Syarat yang dimaksud adalah berharap Vietnam tumbang di satu dari dua laga tersisa. Vietnam akan menjamu Filipina (besar kemungkinan menang) dan tandang ke markas Irak di matchday pamungkas (besar kemungkinan kalah).

Filipina juga tak boleh menang di dua laga sisa. Ya, gilanya meski ada di posisi terbawah klasemen Grup F saat ini, Filipina masih bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika Filipina menang di dua laga sisa dan Timnas Indonesia juga kalah di dua laga pamungkas, The Azkals –julukan Filipina  yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Karena itu, sama seperti Vietnam, Filipina diharapkan terjegal di salah satu laga.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #skenario #gila #tapi #masih #mungkin #terjadi #filipina #lolos #ronde #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #zona #asia

KOMENTAR