Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Ada Campur Tangan Indra Sjafri di Skuad Shin Tae-yong
Selebrasi Para Pemain Timnas Indonesia Usai Cetak Gol ke Gawang Vietnam. (instagram.com/timnas.indonesia)
10:54
28 Maret 2024

Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Ada Campur Tangan Indra Sjafri di Skuad Shin Tae-yong

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri turut berbahagia Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong alias STY tampil sangat baik saat berhadapan dengan Vietnam. Ia mengaku ikut ambil bagian saat mencari pemain-pemain keturunan di tim STY.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dalam dua pertemuan di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret lalu.

Pada pertandingan pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, skuad Garuda menang tipis 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikri.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri (pssi.org)

Baca Juga: Bantai Vietnam 2 Kali, Pelatih Dewa United Senang Lihat Perkembangan Timnas Indonesia

Di pertemuan berikutnya, Timnas Indonesia mengamuk libas Vietnam tiga gol tanpa balas di Stadion My Dinh, Hanoi. Kemenangan di Hanoi ini memutus tren negatif selama 20 tahun.

“Alhamdulillah dan saya langsung bersyukur, seperti yang saya sampaikan karena memang tim senior itu adalah prestasi,” ujar Indra Sjafri kepada awak media.

“Oleh sebab itu, pelatih tim senior diberikan keleluasan, berakselerasi, melakukan terobosan-terobosan untuk bagaimana tim nasional senior kita itu kuat,” jelas Indra.

Indra mengatakan pemilihan pemain yang dilakukan STY sangat tepat. Semua pemain yang ada di dalam tim termasuk skuad keturunan bermanfaat untuk tim.

“Dilakukanlah, kemarin rekrutmen-rekrutmen pemain keturunan. Alhamdulillah pilihan-pilihan dari Coach Shin, semua memberikan kontribusi yang baik,” kata Indra.

Indra Sjafri mengaku mendukung tim asuhan Shin Tae-yong. Bahkan, ia turut serta dalam mencari pemain keturunan yang saat ini sudah ada di Timnas Indonesia.

“Saya sendiri, dua tahun yang lalu, orang pertama yang mencari pemain-pemain ke Belanda seperti Ivar, Justin, dan lain sebagainya,” terangnya.

“Saya yang hadir ke Belanda untuk melakukan scouting bersama Kim Jong-jin waktu itu. Saya dukung karena kita memang butuh prestasi dan sudah berbeda dari tim usia muda kita."

“Kita memang butuh pemain-pemain yang kualitasnya mumpuni dan bisa dibentuk untuk menjadi pemain senior nantinya," pungkasnya.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #timnas #indonesia #bantai #vietnam #campur #tangan #indra #sjafri #skuad #shin #yong

KOMENTAR