Troussier Masih Sempat Pede Bawa Vietnam ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Endingnya Dipecat
Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (tengah). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:30
27 Maret 2024

Troussier Masih Sempat Pede Bawa Vietnam ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Endingnya Dipecat

Federasi Sepak Bola Vietnam (LDBDVN) dan pelatih Phillipe Troussier sepakat mengakhiri kerja sama di antara keduanya setelah rentetan hasil mengecewakan yang didapatkan Timnas Vietnam pada beberapa waktu terakhir.

Terbaru, Timnas Vietnam takluk dari Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde kedua di Grup F dengan skor 0-3 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam.

"Setelah pertandingan antara Vietnam dan Indonesia, pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di (zona) Asia, LDBDVN dan pelatih kepala Philippe Troussier bertemu untuk membahas hasil-hasil sebelumnya bekerja sebagai pelatih kepala tim Vietnam dan tim Vietnam U-23," dikutip dari pernyataan dalam laman resmi VFF, Rabu (27/3/2024).

"Pada pertemuan tersebut, LDBDVN dan pelatih kepala timnas Vietnam, Pak Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak," sambung pernyataan tersebut.

Phillipe Troussier tercatat mulai melatih Timnas Vietnam pada Maret 2023 menggantikan Park Hang-seo yang tidak melanjutkan kontraknya bersama The Golden Stars.

Pelatih kawakan asal Prancis itu tercatat telah melalui 14 pertandingan bersama Vietnam dan mencatatkan empat kemenangan dan menelan 10 kekalahan.

Selain itu, The Golden Stars juga tercatat menorehkan tujuh kekalahan beruntun sejak takluk dari Irak pada November tahun lalu.

Namun, tiga kekalahan beruntun ketika berjumpa Timnas Indonesia tentu jadi highlight tersendiri bagi federasi Vietnam.

Vietnam kalah beruntun dari Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 di Januari 2024 lalu, serta yang terkini dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret 2024 ini.

Yang menarik, pada konferensi pers pasca laga semalam, Troussier sebenarnya masih pede bisa membawa Vietnam lolos ke ronde ketiga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

“Berbicara situasi Vietnam saat ini, masih ada dua pertandingan tersisa (di Grup F), dan maksimal enam poin yang bisa didapat. Dalam sepak bola, segalanya mungkin terjadi, jadi Vietnam masih punya peluang untuk melaju,” sesumbar eks pelatih Timnas Jepang dan Qatar itu.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #troussier #masih #sempat #pede #bawa #vietnam #babak #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #endingnya #dipecat

KOMENTAR