Pemain Vietnam Alami Tekanan Mental Jelang Lawan Timnas Indonesia, Krisis Percaya Diri
Pemain Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai (tengah) saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
16:18
26 Maret 2024

Pemain Vietnam Alami Tekanan Mental Jelang Lawan Timnas Indonesia, Krisis Percaya Diri

Timnas Vietnam dianggap memiliki masalah mental menjelang duel melawan Timnas Indonesia pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Psikologis Nguyen Tien Linh dianggap sedang buruk usai dua kali menelan kekalahan dari Timnas Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh mantan pelatih Timnas Myanmar U-23, Velizar Popov.

Padahal, menurut pelatih asal Bulgaria itu, para pemain Vietnam tak perlu 'down' usai dua kali kalah dari Timnas Indonesia. Sebab, kekalahan itu hanya kalah beruntung.

Para pemain Timnas Vietnam terlihat kehilangan rasa percaya diri pada 30 menit akhir pertandingan ketika dalam keadaan kalah dari Timnas Indonesia. Padahal, secara permainan, mereka tidak buruk.

"Saya pikir masalah terbesar dengan tim Vietnam adalah soal psikologis. Mereka kalah dalam 2 konfrontasi terakhir dengan Indonesia, karena kurangnya keberuntungan dan kesalahan pribadi," kata Velizar Popov, dilansir dari Soha.

"Saya perhatikan bahwa dalam 180 menit melawan Indonesia, tim Vietnam kewalahan selama sekitar 60 menit, terutama periode 30 menit pada akhir babak kedua. Para pemain tampaknya sakit mental," lanjutnya.

"Selama sisa waktu, saya tidak melihat tim Indonesia bermain lebih baik atau dominan daripada pemain Vietnam," lanjutnya.

Velizar Popov pun meminta Vietnam lebih berani menghadapi Timnas Indonesia, terutama melepaskan tendang ke arah gawang jika ingin meraih kemenangan.

"Masalahnya adalah Vietnam harus menyelesaikan peluang dengan lebih baik. Jika bola hanya dikontrol tanpa selesai, serangan akan tidak efektif. Tanpa meluncurkan tembakan, Anda tidak bisa mencetak gol," tuturnya menutup.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #vietnam #alami #tekanan #mental #jelang #lawan #timnas #indonesia #krisis #percaya #diri

KOMENTAR