Thom Haye Cerita Proses Panjang Melelahkan Sebelum Resmi WNI, Bilang Ini ke Fans Timnas Indonesia
Thom Haye, pemain asal SC Heerenveen yang segera bergabung ke Timnas Indonesia (Instagram/thomhaye)
08:30
19 Maret 2024

Thom Haye Cerita Proses Panjang Melelahkan Sebelum Resmi WNI, Bilang Ini ke Fans Timnas Indonesia

Setelah proses panjang nan melelahkan, Thom Haye akhirnya resmi merampungkan proses naturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia.

Gelandang yang kini berkarier di SC Heerenveen di kasta teratas Liga Belanda (Eredivisie) itu pun menjelaskan dinamika dari perjalanan untuk mendapatkan status WNI.

Thom Haye merampungkan proses naturalisasi setelah menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Senin (18/3/2024) malam WIB.

Dia menjalani sumpah WNI bersama pemain keturunan lain yakni Ragnar Oratmangoen.

Thom Haye menjelaskan bahwa proses naturalisasi yang dijalaninya cukup melelahkan, terkhusus jelang menjalani sumpah WNI.

Gelandang 28 tahun itu diketahui menjalani sumpah WNI hanya beberapa jam setelah menginjakkan kaki di Jakarta pada Senin (18/3/2024) malam WIB.

Dua pesepak bola yang kini merumput di Liga Belanda, Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) ketika menjalani proses sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam (18/3/2024). (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)Dua pesepak bola yang kini merumput di Liga Belanda, Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) ketika menjalani proses sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam (18/3/2024). (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

Pasalnya, sehari sebelumnya, dia masih harus membela SC Heerenveen yang belakangan kalah 1-2 dari Feyenoord di Stadion Abe Lenstra.

Alhasil, Thom langsung bertolak ke Indonesia pasca laga tersebut dan menceritakan bahwa dirinya harus melahap perjalanan 18 jam untuk sampai ke tanah leluhurnya.

"Banyak sekali (yang aku lakukan), aku bermain game, setelah pertandingan aku pergi ke bandara, lalu aku melakukan perjalanan delapan belas jam," kata Thom Haye dikutip dari keterangan tertulis PSSI, Selasa (19/3/2024).

"Dari bandara langsung ke kantor untuk segera menyelesaikan semuanya," jelas Thom.

Meski melelahkan, Thom mengaku senang kini telah resmi WNI dan sudah tak sabar untuk menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Lebih jauh, Thom berterima kasih kepada para penggemar Timnas Indonesia yang terus memberi dukungan kepadanya tak terkecuali lewat media sosial.

"Luar biasa, saya rasa saya sudah mengikuti prosesnya, saya mendapat banyak pesan dan dukungan, jadi saya sangat senang untuk itu dan terima kasih atas semua dukungannya," kata Thom Haye.

Meski sudah berstatus WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih harus menjalani beberapa tahap lagi untuk benar-benar bisa membela Timnas Indonesia.

Keduanya harus mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, dan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI.

Thom dan Ragnar kini berpeluang untuk menjalani debut saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #thom #haye #cerita #proses #panjang #melelahkan #sebelum #resmi #bilang #fans #timnas #indonesia

KOMENTAR