Beda Nasib Timnas Indonesia vs Vietnam: Striker Lawan Cedera, Garuda Dapat Tambahan 2 Pemain Berpengalaman
Sejumlah penggawa timnas Indonesia ketika mengikuti latihan pada Selasa (14/11/2023) sore waktu setempat di Irak untuk laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. (ANTARA/Ho/PSSI)
07:54
19 Maret 2024

Beda Nasib Timnas Indonesia vs Vietnam: Striker Lawan Cedera, Garuda Dapat Tambahan 2 Pemain Berpengalaman

Jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, kedua tim mendapatkan kabar kontras terkait kondisi pemain.

Saat Vietnam direpotkan usai striker andalan Nguyen Cong Phuong dikabarkan cedera, Timnas Indonesia justru tengah berbahagia karena mendapat tambahan dua pemain naturalisasi berpengalaman.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengonfirmasi bahwa striker Yokohama FC, Nguyen Cong Phuong mengalami cedera engkel saat menjalani latihan bersama skuad Vietnam pada 17 Maret lalu.

Situasi ini menjadi kerugian tersendiri bagi Vietnam mengingat pengalaman Nguyen Cong Phuong bermain di kasta kedua Liga Jepang (J2 League) sangat dibutuhkan tim.

Andai Nguyen Cong Phuong tak bisa pulih tepat waktu, Vietnam sepertinya akan mengandalkan skuad dengan seluruh pemain lokal mengingat sang striker adalah satu-satunya pemain abroad di skuad saat ini.

Berbeda dengan Vietnam yang tengah dilanda masalah, Timnas Indonesia justru sebaliknya setelah proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dipastikan rampung.

Dua pesepak bola yang kini merumput di Liga Belanda, Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) ketika menjalani proses sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam (18/3/2024). (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)Dua pesepak bola yang kini merumput di Liga Belanda, Thom Haye (kanan) dan Ragnar Oratmangoen (kiri) ketika menjalani proses sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin malam (18/3/2024). (ANTARA/YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengonfirmasi bahwa proses naturalisasi dua pemain keturunan yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi rampung pada Senin (18/3/2024) malam WIB.

Sebagaimana pernyataan anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, Thom dan Ragnar Oratmangoen menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Situasi itu membuat kedua pemain berpeluang untuk membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Vietnam pada akhir Maret ini.

Thom dan Ragnar disebut telah mendapat kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor, dan kini hanya harus mengurus perubahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI untuk memenuhi syarat tampil bersama Timnas Indonesia.

Kehadiran Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen jelas jadi tambahan berharga bagi skuad Timnas Indonesia. Nama pertama merupakan seorang gelandang, sementara Oratmangoen adalah striker serba bisa.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sementara lima hari berselang, giliran Vietnam yang menjamu skuad Garuda di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #beda #nasib #timnas #indonesia #vietnam #striker #lawan #cedera #garuda #dapat #tambahan #pemain #berpengalaman

KOMENTAR