Pemain Kunci Vietnam Tahu Timnas Indonesia Kini Akan Sulit Dikalahkan, Tak Mau Lihat Masa Lalu
Skuat Timnas Indonesia (pssi.org)
14:30
14 Maret 2024

Pemain Kunci Vietnam Tahu Timnas Indonesia Kini Akan Sulit Dikalahkan, Tak Mau Lihat Masa Lalu

Salah satu pemain kunci Vietnam Nguyen Cong Phuong bicara soal kans mereka bisa kalahkan Timnas Indonesia. Namun sepertinya itu akan sulit dilakukan. Kini asuhan Shin Tae-yong berbeda dari sebelumnya.

Troussier sempat tidak memasukkan Cong Phuong ke dalam skuad utama Vietnam di Piala Asia 2023, sebagian karena performanya di Yokohama FC, klub Jepang divisi dua, yang kurang memuaskan.

Namun, untuk Kualifikasi Piala Dunia yang akan datang, pemain berusia 29 tahun tersebut kembali mendapatkan perhatian dari Troussier, walaupun belum sempat bermain di Jepang belakangan ini.

Dengan laga penting melawan Indonesia yang akan berlangsung pada tanggal 21 dan 26 Maret, Cong Phuong memilih untuk tidak fokus pada hasil pertandingan sebelumnya atau statistik pertemuan antar kedua tim.

"Berdasarkan pengalaman saya, setiap negara terus berkembang, termasuk Vietnam. Menghadapi Timnas Indonesia kali ini, penting bagi kita untuk memahami kekuatan lawan dan merumuskan strategi yang tepat untuk menang. Riwayat pertemuan sebelumnya hanyalah cerita masa lalu," ujar Cong Phuong, seperti dikutip Bongda.

Dengan 56 penampilan bersama timnas Vietnam, Cong Phuong termasuk salah satu pemain dengan pengalaman paling banyak, hanya tertinggal dari Nguyen Quang Hai dan Nguyen Van Toan.

Dari total 12 gol yang ia cetak untuk negaranya, dua di antaranya berhasil ia lesakkan ke gawang Indonesia, satu pada pertandingan persahabatan November 2016 dan satu lagi dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Vietnam akan memperkuat barisan depan mereka dengan kehadiran Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Van Tung, dan Nham Manh Dung untuk laga ini.

Namun, beberapa pemain yang berpartisipasi dalam Piala Asia seperti Pham Tuan Hai, dan Nguyen Van Truong, Bu Vi Hao, serta Nguyen Thanh Nhan tidak masuk dalam susunan tim kali ini.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #pemain #kunci #vietnam #tahu #timnas #indonesia #kini #akan #sulit #dikalahkan #lihat #masa #lalu

KOMENTAR