Justin Hubner Diambang Sejarah, Bisa Bikin Harum Nama Indonesia di Liga Jepang
Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia di sebuah laga (pssi.org)
14:12
13 Maret 2024

Justin Hubner Diambang Sejarah, Bisa Bikin Harum Nama Indonesia di Liga Jepang

Bek naturalisasi Timnas Indonesia, Justin Hubner diambang mencetak sejarah besar setelah menerima tawaran bergabung dengan klub J League Cerezo Osaka dengan status pinjaman selama semusim penuh.

Hubner dilepas Wolverhampton Wanderers ke Cerezo Osaka hingga akhir musim J League 2024. Keputusan ini cukup mengejutkan lantaran bek 20 tahun itu sejatinya punya peluang mentas bersama tim utama Wolves musim ini.

Kepindahan Hubner ke Cerezo Osaka membuatnya jadi pemain Indonesia kelima yang pernah bergabung dengan klub Liga Jepang tersebut.

Sebelum Hubner, empat pemain Indonesia yang lebih dulu melakukannya adalah Ricky Yacobi, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly dan Pratama Arhan.

Meski demikian, Hubner merupakan pemain Indonesia kedua yang bergabung dengan tim kasta teratas Liga Jepang. Irfan Bachdim merupakan pesepak bola Indonesia pertama yang melakukannya.

Namun, Bachdim yang bergabung dengan Ventforet Kofu pada 2014 tercatat sama sekali tidak diturunkan klubnya di J League.

Justin Hubner. (Instagram/justinhubner5)Justin Hubner. (Instagram/justinhubner5)

Dalam dua tahun berikutnya, Bachdim bergabung dengan klub kasta kedua Liga Jepang (J2 Legaue) yakni Consadole Sapporo.

Alhasil, hingga kini belum ada pemain Indonesia yang mampu mencicipi bermain di J League dan Hubner berpotensi jadi yang pertama andai mampu merebut satu tempat di tim utama Cerezo Osaka.

Peluang Hubner untuk menjadi andalan Cerezo Osaka cukup besar mengingat dia didatangkan setelah bek tengah Ryosuke Shindo mengalami cedera.

Hal itu disampaikan Manajer pengembangan pemain Wolverhampton Wanderers, Steve Davis yang menjembatani tim utama dan reserve klub Premier League tersebut.

"Mereka mencari bek tengah karena salah satu pemain kunci mereka di lini belakang mengalami cedera," kata Davis dilansir dari laman klub, Rabu (13/3/2024).

"Ditambah lagi dengan koneksi Justin dengan Timnas Indonesia di pasar Asia, kami merasa ini akan menjadi pilihan yang bagus untuknya."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #justin #hubner #diambang #sejarah #bisa #bikin #harum #nama #indonesia #liga #jepang

KOMENTAR