4 Pemain Piala Asia yang Tak Lagi Dipanggil Timnas Indonesia, Salah Satunya Bek Naturalisasi
Bek kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama (kanan) tampil di Piala Asia 2023. [HECTOR RETAMAL / AFP]
14:06
8 Maret 2024

4 Pemain Piala Asia yang Tak Lagi Dipanggil Timnas Indonesia, Salah Satunya Bek Naturalisasi

Sebanyak empat pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tak lagi dipanggil Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan atau training camp (TC) jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Empat pemain tersebut terdiri dari tiga penggawa lokal dan satu pesepak bola naturalisasi.

Dalam persiapan menghadapi pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024, pelatih Shin Tae-yong memanggil 28 pemain.

Dalam skuad tersebut, Shin Tae-yong memilih untuk memanggil 13 pemain yang bermain di luar negerialias abroad.

Sebanyak 13 pemain tersebut mencakup Asnawi Mangkualam (Port FC), Elkan Baggott (Bristol Rovers), Ivar Jenner (FC Utrecht), Jay Idzes (Venezia), Jordi Amat (Johor Darul Takzim) dan Justin Hubner (Wolverhamptom).

Serta Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Pratama Arhan (Suwon FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), Sandy Walsh (KV Mechelen), dan Thom Haye (SC Heerenveen).

Calon pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen saat memperkuat klubnya di Eredivisie Belanda, Fortuna Sittard. [IG Fortuna Sittard]Calon pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen saat memperkuat klubnya di Eredivisie Belanda, Fortuna Sittard. [IG Fortuna Sittard]

Dari ke-13 pemain tersebut, tiga di antaranya belum menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), yakni Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye.

Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye direncanakan akan menjalani sumpah kewarganegaraan Indonesia pada 12 Maret 2024, sementara status Nathan Tjoe-A-On masih belum dapat dipastikan.

Di sisi lain, satu pemain yang bermain di luar negeri dan sebelumnya menjadi bagian dari skuad Piala Asia 2023, Shayne Pattynama (Viking FK), tidak dipanggil karena sedang mengalami cedera.

Cedera tersebut dialaminya sebelum melawan Anderlecht pada Senin (4/3/2024), sehingga ia tidak dapat bermain.

Selain itu, ada tiga pemain lainnya dari skuad Piala Asia 2023 yang tidak dipanggil, yaitu Dendy Sulistyawan, Adam Alis, dan Ernando Ari.

Kabarnya, Ernando Ari masih dalam masa pemulihan cedera, sementara alasan tidak dipanggilnya Adam Alis dan Dendy Sulistyawan tidak dijelaskan PSSI.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #piala #asia #yang #lagi #dipanggil #timnas #indonesia #salah #satunya #naturalisasi

KOMENTAR