Profil Tristan Schenkhuizen, Gelandang Subur Keturunan Indonesia, Satu Klub dengan Ragnar Oeratmangoen
Gelandang keturunan Indonesia, Tristan Schenkhuizen. (Instagram/@futboll.indonesiaa)
13:36
6 Maret 2024

Profil Tristan Schenkhuizen, Gelandang Subur Keturunan Indonesia, Satu Klub dengan Ragnar Oeratmangoen

Mengenal lebih jauh sosok Tristan Schenkhuizen, junior Ragnar Oratmangoen di Fortuna Sittard yang ternyata memiliki darah keturunan Indonesia.

Belakangan, satu per satu pemain keturunan Indonesia muncul dan mampu diidentifikasi oleh pecinta sepak bola Tanah Air.

Terbaru, ada nama Tristan Schenkhuizen. Dilansir dari akun Instagram @futboll.indonesiaa, ia merupakan pemain keturunan Surabaya dan Yogyakarta.

Disebutkan bahwa Tristan sendiri memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Kakeknya diketahui lahir di Surabaya dan neneknya lahir di Yogyakarta.

Uniknya, Tristan saat ini berstatus junior dari pemain keturunan Indonesia lainnya yakni Ragnar Oratmangoen di klub Belanda, Fortuna Sittard.

Saat ini, Tristan bermain bersama Fortunan Sittard U-21. Sedangkan Oratmangoen bermain bersama tim utama yang berlaga di Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda.

Lantas, seperti apa rekam jejak Tristan Schenkhuizen? Apakah dirinya akan mengikuti jejak Oratmangoen melakukan naturalisasi demi membela Timnas Indonesia?

Gelandang Subur

Tristan Schenkhuizen merupakan pesepak bola yang berposisi sebagai gelandang. Ia lahir di Sittard pada 12 Juli 2004 atau saat ini berusia 19 tahun.

Tristan sendiri memulai kariernya di klub lokal yakni FC Geelen Zuid. Pada usia 8 tahun atau pada 2012, ia pindah ke akademi Fortuna Sittard.

Hingga artikel ini dibuat, Tristan telah membela Fortuna Sittard selama hampir 12 tahun lamanya. Ia berhasil naik kelas ke tim U-18 pada tahun 2020 atau saat usianya 16 tahun.

Dua tahun berselang atau saat usianya 18 tahun, Tristan berhasil menembus tim Fortuna Sittard U-21 yang berlaga di kompetisi U-21 Belanda.

Dinukil dari akun @futboll.indonesiaa, penampilan Tristan bersama Fortuna Sittard U-21 terbilang memukau. Bahkan, ia dikenal sebagai gelandang yang subur.

Dalam 15 pertandingan yang dimainkannya, Tristan mampu mencetak 7 gol dan 7 assist. Catatan ini terbilang apik mengingat ia berperan sebagai gelandang tengah atau gelandang bertahan.

Dengan catatan tersebut, bukan tidak mungkin Tristan bisa naik kelas ke tim utama Fortuna Sittard dalam waktu dekat dan berduet dengan Ragnar Oratmangoen.

Di sisi lain, Tristan memiliki adik, yakni Dean Schenkhuizen. Saat ini, sang adik bermain bersama Fortuna Sittard U-16 dan berposisi sebagai bek kanan.

Hingga saat ini, Tristan diketahui belum pernah membela Timnas Belanda. Sehingga, Timnas Indonesia punya kesempatan besar jika tertarik menaturalisasinya.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #tristan #schenkhuizen #gelandang #subur #keturunan #indonesia #satu #klub #dengan #ragnar #oeratmangoen

KOMENTAR