Jay Idzes dan Justin Hubner Diambang Sejarah, Bisa Jadi Pemain Indonesia Pertama Tampil di 5 Liga Top Eropa
Dua pemain keturunan, Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]
17:42
29 Pebruari 2024

Jay Idzes dan Justin Hubner Diambang Sejarah, Bisa Jadi Pemain Indonesia Pertama Tampil di 5 Liga Top Eropa

Sejauh ini belum ada pemain berpaspor Indonesia yang berkarier di lima liga top Eropa. Namun, Justin Hubner dan Jay Idzes berpotensi untuk mengakhiri penantian itu.

Menyitat data UEFA, kompetisi yang masuk dalam daftar lima liga top Eropa saat ini adalah Liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis.

Melihat situasi yang ada, Justin Hubner dan Jay Idzes dinilai menjadi pemain Timnas Indonesia paling berpeluang untuk tampil di salah satu kompetisi kelas dunia itu.

Justin Hubner saat ini merupakan kapten Wolverhampton Wanderers U-21. Dia merupakan andalan timnya di lini belakang selama mengarungi Premier League 2 2023-2024.

Hubner tercatat sudah tampil 12 kali dengan mengemas empat gol. Catatan itu impresif mengingat posisinya yang merupakan seorang bek tengah.

Ketenangan dan agresivitas Hubner di lini belakang bersama Wolves U-21 mengantarkannya dipercaya menghiasi skuad senior Wolves di Liga Inggris musim ini.

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner berebut bola dengan gelandang Australia, Keanu Baccus pada pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner berebut bola dengan gelandang Australia, Keanu Baccus pada pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.

Meski demikian, Hubner sejauh ini belum menjalani debut bersama tim utama Wolves.

Andai mampu membuktikan diri dan terus tampil konsisten, bukan tidak mungkin Justin Hubner bakal segera memainkan laga pertamanya bersama Wolves di Liga Inggris atau Premier League.

Di sisi lain, Jay Idzes juga berpeluang untuk tampil di liga top Eropa, terkhusus di Liga Italia atau Serie A.

Pasalnya, bek tengah berdarah Belanda-Indonesia itu saat ini tengah membela Venezia, tim yang tampil kuat di Serie B 2023-2024.

Venezia untuk sementara menduduki peringkat dua klasemen Serie B dengan koleksi 51 poin hingga kompetisi berjalan 27 pekan.

Andai terus tampil konsisten, Jay Idzes dan Venezia punya kesempatan untuk promosi ke Serie A 2024-2025.

Skenario tersebut akan menjadikan Jay Idzes sebagai pemain Timnas Indonesia pertama yang bisa tampil di Liga Italia atau Serie A.

Sebelum Justin Hubner dan Jay Idzes punya peluang tampil di salah satu lima liga top Eropa, Jordi Amat memang sudah lebih dulu mencicipi atmosfer hebat itu.

Namun, Jordi yang pernah berkarier di Liga Inggris dan Liga Spanyol,. saat itu masih berpaspor Spanyol. Sang bek tengah baru dinaturalisasi Timnas Indonesia pada akhir 2022 lalu.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #idzes #justin #hubner #diambang #sejarah #bisa #jadi #pemain #indonesia #pertama #tampil #liga #eropa

KOMENTAR