Profil Helsya Maeisyaroh, Penggawa Timnas Putri yang Susul Zahra Muzdalifah Gabung Klub Liga Jepang
Helsya Maeisyaroh resmi bergabung klub Jepang, Ryukyu Ladies. (Instagram/@helsyamaei15)
16:36
27 Februari 2024

Profil Helsya Maeisyaroh, Penggawa Timnas Putri yang Susul Zahra Muzdalifah Gabung Klub Liga Jepang

Pemain Timnas Putri Indonesia, Helsya Maeisyaroh, akhirnya secara resmi mengikuti jejak kompatriotnya, Zahra Muzdalifah, bergabung dengan klub sepak bola di Liga Jepang.

Helsyah Maeisyaroh memang baru saja mengumumkan status barunya sebagai penggawa Ryukyu Ladies. Hal itu dibagikan pemain andalan Timnas Putri Indonesia itu melalui akun media sosialnya.

"Saya secara resmi bergabung dengan @fcryukyuladies untuk musim 2024 ini," tulis Helsya Maeisyaroh, seperti dikutip dari akun Instagramnya, Selasa (27/2/2024).

Proses yang harus dilalui Helsya Maeisyaroh untuk mendapatkan kontrak profesional bersama Ryukyu Ladies memang tak mudah. Sebab, dia harus menjalani trial terlebih dahulu sejak Desember 2023.

Dengan demikian, Helsya akhirnya resmi mengikuti langkah seniornya, Zahra Muzdalifah. Pemain Timnas Putri Indonesia itu sudah lebih dahulu berkarier di Liga Jepang bersama Cerezo Osaka Yanmar Ladies.

Lalu, siapakah sebetulnya sosok Helsya Maeisyaroh itu? Bagaimana rekam jejaknya sebagai pesepak bola putri yang juga berstatus sebagai penggawa skuad Garuda Pertiwi?
Profil Helsya Maeisyaroh

Bisa dibilang, langkah Helsya Maeisyaroh untuk melanjutkan kariernya di Liga Jepang terhitung tepat. Pasalnya, saat ini kompetisi sepak bola putri Indonesia, yakni Liga 1 Putri, nasibnya terkatung-katung.
Padahal, pemain seperti Helsyah membutuhkan menit bermain yang reguler agar bisa terus mengembangkan kemampuannya. Dia termasuk sebagai salah satu aset terbaik skuad Garuda Pertiwi di masa depan.

Sebab, pesepak bola asal Bekasi itu termasuk sebagai pesepak bola putri berbakat. Usianya juga masih sangat muda karena baru menginjak 18 tahun. Pada ajang Liga 1 Putri 2019, Helsya menyabet status sebagai Pemain Muda Terbaik.

Saat itu, kiprah Helsya memang terhitung luar biasa. Dia menjadi salah satu pemain penting yang sukses mengantarkan Tira-Persikabo Putri melaju ke partai Liga 1 2019. Sayangnya, mereka gagal juara setelah kalah dari Persib Putri.

Setelah meninggalkan Tira-Persikabo, Helsya memutuskan hengkang menuju Arema Putri. Bersama klub ini, pemain kelahiran 7 Mei 2005 itu berhasil mendapatkan peringkat ketiga Piala Pertiwi 2021/2022.

Semusim berikutnya, Helsya memutuskan gabung bersama tim Persis Solo Women. Sayangnya, bersama klub ini, nasibnya terkatung-katung karena tidak ada kejelasan masa depan kompetisi dari pihak federasi.

Sejak berusia muda, Helsya memang sudah mencolok. Dia sempat menjadi bagian dari Timnas Putri U-16, sebelum akhirnya promosi ke Timnas Putri senior pada 2019 dan tampil pada Piala Asia Putri 2022.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #helsya #maeisyaroh #penggawa #timnas #putri #yang #susul #zahra #muzdalifah #gabung #klub #liga #jepang

KOMENTAR