Ketakutan Shin Tae-yong Terungkap Meski Sudah Lama Tangani Timnas Indonesia
Beberapa klub BRI Liga 1 secara tegas tidak akan melepas pemainnya ke timnas Indonesia U-23 menjadi masalah pelik bagi Shin Tae-yong. (Instagram/ @shintaeyong7777)
14:54
21 Februari 2024

Ketakutan Shin Tae-yong Terungkap Meski Sudah Lama Tangani Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata punya ketakutan tersendiri kepada para pemain saat kembali ke klubnya masing-masing. Hal ini diungkapkan oleh Nova Arianto.

Shin Tae-yong sudah sekitar empat tahun menangani timnas Indonesia. Di bawah asuhannya, skuad Garuda berkembang pesat.

Bukan tanpa alasan mengapa timnas Indonesia berhasil menuju ke arah yang positif. Sebab Shin Tae-yong membenahi pola pikir para pemain.

Hal ini bahkan tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Shin Tae-yong malah sempat kesal dengan kebiasaan para pemain timnas Indonesia.

"Waktu awal-awal dia melihat ini pemain Indonesia kok lelet-lelet banget. Mulai latihan itu pemain turun dari bus, jalan santai baru siap-siap. Kenapa tidak langsung cepat langsung tendang bola," ujar Nova Arianto dikutip dari YouTube Si Paling Timnas.

Akan tetapi, juru taktik asal Korea Selatan ini mengatakan bisa mengubah sikap para pemain tersebut. Nova Arianto menilai langkahnya cukup berhasil.

"Tetapi dia mengubah agar mindset kita berubah agar tim bisa lebih baik itu menjadi konsen coach Shin selama tiga tahun. Jadi sekarang kalau mau latihan mereka cepat karena mindstet mereka sudah berubah," beber pelatih berusia 45 tahun ini.

Meski sudah perlahan bisa mengubah kebiasaan buruk itu, Shin Tae-yong masih memiliki ketakutan andai anak asuhnya kembali ke klub.

"Yang ditakutkan coach Shin adalah saat kembali ke klub, kembali lagi (kebiasaan) itu. Itu yang disayangkan coach Shin jadi kenapa di tim nasional kita harus bentuk lagi karena itu harusnya di klub jadi di timnas tinggal melanjutkan saja," tegas Nova.

Adapun kontrak Shin Tae-yong bakal habis pada Juni 2024 mendatang. Perpanjangannya bakal menunggu hasil dari Piala Asia U-23 2024 mendatang yang diharuskan lolos dari fase grup.

Editor: Arif Budi

Tag:  #ketakutan #shin #yong #terungkap #meski #sudah #lama #tangani #timnas #indonesia

KOMENTAR