Ranking FIFA 'Terjun Payung', Media Vietnam Panik Bukan Kepalang Jelang Lawan Timnas Indonesia karena Ini
Nguyen Filip menceritakan debut pertama bersama timnas Vietnam di Piala Asia 2023, namun tidak menyinggung Indonesia sama sekali. (the-afc.com)
07:12
19 Februari 2024

Ranking FIFA 'Terjun Payung', Media Vietnam Panik Bukan Kepalang Jelang Lawan Timnas Indonesia karena Ini

Dua pertandingan krusial akan melibatkan Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada bulan Maret mendatang.

Pada tanggal 21 Maret 2024, Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjadi tuan rumah melawan Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Lima hari kemudian, Timnas Vietnam akan membalas kunjungan dengan menjadi tuan rumah untuk pertandingan selanjutnya. Filip Nguyen dan rekan-rekannya akan menghadapi Tim Garuda di Stadion My Dinh, Hanoi.

Media Vietnam menunjukkan kekhawatiran menjelang kedua pertandingan tersebut, terutama terkait peluang skuad The Golden Star Warriors yang mungkin mengalami dua kekalahan beruntun dari Timnas Indonesia.

Sebagai contoh, Soha mengungkapkan kekhawatiran mereka, menyebut Timnas Indonesia sangat termotivasi untuk meraih kemenangan dalam kedua pertandingan melawan Vietnam.

"Sekarang, Indonesia menunjukkan hasrat yang besar untuk mengalahkan Vietnam dalam kedua pertandingan dengan mengupayakan kemenangan dengan selisih gol yang signifikan," ungkap Soha saat mencoba mengomentari dua laga tersebut.

Faktor Kemenangan dan Kenaikan Poin

Menurut Soha, ada dua faktor yang dapat memberikan motivasi tambahan bagi Timnas Indonesia untuk meraih dua kemenangan berturut-turut melawan Timnas Vietnam.

Faktor pertama terkait dengan peluang lolosnya Tim Garuda ke fase berikutnya.

Selanjutnya, faktor kedua melibatkan peningkatan signifikan dalam perolehan poin FIFA. Dengan meraih kemenangan atas Vietnam, Timnas Indonesia berpotensi memperoleh sejumlah besar poin, yang kemudian dapat meningkatkan peringkat FIFA bagi Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya.

"Saatnya ini, pelatih Shin Tae-yong dan stafnya akan membuka peluang bagi Timnas Indonesia untuk tetap bersaing dalam babak kualifikasi, sambil juga mengalami peningkatan yang signifikan dalam peringkat FIFA mereka," tulis Soha.

Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat 142 dalam peringkat FIFA, sementara Vietnam berada di posisi lebih tinggi, yakni peringkat 105," ungkap Soha.

Menurut data dari Football Ranking, jika Timnas Indonesia berhasil memenangkan satu pertandingan melawan Vietnam, mereka akan mendapatkan tambahan 15,42 poin di peringkat FIFA."

Namun, jika Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan dalam kedua pertandingan melawan Vietnam, Tim Garuda akan mendapatkan tambahan 30,84 poin secara total. Dengan tambahan poin sebanyak itu, mereka berpotensi naik ke peringkat 135 dalam peringkat FIFA.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #ranking #fifa #terjun #payung #media #vietnam #panik #bukan #kepalang #jelang #lawan #timnas #indonesia #karena

KOMENTAR