Profil Ethan Nwaneri, Wonderkid Arsenal yang Bikin Komentator Liga Inggris Sebut Indonesia
Gelandang belia Arsenal, Ethan Nwaneri. [IAN KINGTON / AFP]
12:00
13 Pebruari 2024

Profil Ethan Nwaneri, Wonderkid Arsenal yang Bikin Komentator Liga Inggris Sebut Indonesia

Netizen sempat dibikin heboh setelah wonderkid Arsenal, Ethan Nwaneri, membuat komentator Liga Inggris menyebut nama Indonesia.

Ethan Nwaneri masuk sebagai pemain pengganti saat Arsenal melumat West Ham United 6-0 pada lanjutan laga Liga Inggris, Minggu (12/2/2024).

Ethan Nwaneri masuk pada menit ke-77 menggantikan Gabriel Martinelli. Nah, ketika wonderkid Arsenal itu masuk, ternyata komentator menyebut 'Indonesia’.

Hal ini dicuitkan oleh akun X @/jerryarvino. Sontak banyak warganet yang bertanya apakah Nwaneri memiliki darah Indonesia.

Jawaban apakah Ethan Nwaneri punya keturunan Indonesia adalah tidak. Sebab, nama Indonesia disebut karena wonderkid itu sempat bermain di Indonesia tepatnya pada Piala Dunia U-17 2023 lalu.

Nwaneri adalah pemain yang lahir di London dan memegang paspor Inggris. Ia juga masuk ke skuad Inggris U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Nah, di Piala Dunia U-17 2023 lalu, Ethan Nwaneri bermain dalam empat pertandingan. Gelandang berusia 16 tahun tersebut mencetak satu gol dan satu assist. Namun sayang Inggris U-17 gugur cepat di 16 besar usai dikalahkan oleh Uzbekistan U-17.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Ethan Nwaneri ini?

Profil Ethan Nwaneri

Sosok dengan nama lengkap Ethan Chidiebere Nwaneri ini lahir di London, Inggris, pada 21 Maret 2007. Ia digadang-gadang sebagai salah satu wonderkid Inggris dan Arsenal selanjutnya.

Ia memang memiliki darah Nigeria dari orang tuanya, namun kini memilih membela Inggris. Namanya semakin dikenal setelah masuk skuad Inggris untuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Namun sebetulnya Ethan Nwaneri sudah mencuri perhatian sejak melakoni debut untuk tim utama Arsenal pada musim 2022/23.

Ia masuk menggantikan Fabio Vieira saat melawan Brentford pada September 2022. Nwaneri (yang saat itu berusia 15 tahun) menjadi pemain Arsenal dan Liga Inggris termuda yang tampil di kasta tertinggi Inggris.

Sebagai pria kelahiran London, Ethan Nwaneri sudah bergabung dengan akademi Arsenal sejak 2016. Tahun demi tahun, ia mengalami progres hingga masuk ke tim U-21 The Gunners pada 2022/23.

Di musim itu ia tampil 9 kali di Premier League 2 dengan torehan satu assist. Baru di musim 2023/24 penampilannya makin bersinar dengan catatan 4 gol dan 2 assist dari 5 laga di Premier League 2.

Mikel Arteta juga beberapa kali memasukkan namanya ke dalam daftar pemain. Seperti dua kali di laga Liga Champions dan akhirnya bermain di laga melawan West Ham.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #ethan #nwaneri #wonderkid #arsenal #yang #bikin #komentator #liga #inggris #sebut #indonesia

KOMENTAR