Memble di Piala Asia 2023, Park Hang-seo Diusung Jadi Pelatih Baru Korsel Gantikan Jurgen Klinsmann
Mantan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. [Nhac NGUYEN / AFP]
19:48
12 Pebruari 2024

Memble di Piala Asia 2023, Park Hang-seo Diusung Jadi Pelatih Baru Korsel Gantikan Jurgen Klinsmann

Pelatih kawakan Park Hang-seo diusung jadi pelatih baru Timnas Korea Selatan. Pelatih berusia 66 tahun itu sebelumnya berpengalaman menangani Timnas Vietnam dan membuat negara ASEAN itu jadi salah satu kekuatan yang ditakuti Asia.

Pemilik klub lokal Korsel Daegu FC yang berkompetisi di K League 1, Hong Joon-pyo, memuji Park Hang-seo sebagai pelatih top.

Dia menilai, Park Hang-seo sudah pantas menukangi Timnas Korea Selatan, setelah sebelumnya juga sempat melatih tim U-23 dan juga jadi asisten pelatih Guus Hiddink di Piala Dunia 2002.

Wacana Park Hang-seo melatih negerinya sendiri ini disampaikan Hong Joon-pyo imbas dari kegagalan Korsel di Piala Asia 2023. Tim yang dijuluki Taeguk Warriorrs tersebut secara mengejutkan kalah 0-2 dari Yordania pada babak semifinal.

Hasil itu membuat Timnas Korea Selatan gagal mengakhiri penantian selama 64 tahun. Korsel terakhir kali menjadi juara Piala Asia pada 1960 silam.

Menurut Hong Joon-pyo, pelatih asing tidak menjamin mendatangkan prestasi bagi Korsel. Sementara Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) harus merogoh kocek lebih dalam.

Seperti diketahui, Korsel pada saat ini ditukangi oleh Jurgen Klinsmann. Pelatih asal Jerman tersebut masih terikat kontrak sampai 31 Juli 2026.

"Saya tidak tahu mengapa Asosiasi Sepak Bola hanya ingin membayar sejumlah besar uang untuk gaji dan mendatangkan pelatih asing," kata Hong Joon-pyo dikutip dari MBC, Senin (12/2/2024).

"Pemain sepak bola negara kami adalah pemain kelas dunia dan ada banyak pelatih berbakat seperti pelatih Park Hang-seo," tambahnya.

Park Hang-seo saat ini hanya menjadi penasihat senior di Bac Ninh FC, klub divisi 2 nasional Vietnam. Ia belum memegang tim nasional manapun setelah kontraknya bersama dengan Timnas Vietnam berakhir pada Januari 2023.

Pelatih yang mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2018 untuk timnas Vietnam itu juga sempat dikaitkan dengan Timnas Indonesia.

Dia dianggap sosok yang tepat menukangi Skuad Garuda jika kontrak Shin Tae-yong yang berakhir pada Juni 2024 tidak diperpanjang oleh PSSI. 

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #memble #piala #asia #2023 #park #hang #diusung #jadi #pelatih #baru #korsel #gantikan #jurgen #klinsmann

KOMENTAR