Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023, Berapa Jumlah Pemain Naturalisasinya?
Pemain Pantai Gading, Max-Alain Gradel dan Simon Adingra mencium trofi Piala Afrika 2023. (AFP/FRANCK FIFE)
13:42
12 Februari 2024

Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023, Berapa Jumlah Pemain Naturalisasinya?

Keberhasilan Timnas Pantai Gading menjuarai Piala Afrika 2023 menjadi sejarah tersendiri. Di balik kisah sukses ini, mereka ternyata diperkuat banyak pemain yang berstatus naturalisasi.

Sebelumnya, kesuksesan Timnas Pantai Gading merengkuh trofi Piala Afrika 2023 dipastikan setelah mereka menumbangkan Timnas Nigeria di partai final yang berlangsung di Alassane Ouattara Stadium, Abidjan, Minggu (11/2/2024).

Dalam pertandingan tersebut, Nigeria sebetulnya bisa unggul terlebih dahulu lewat gol Troost-Ekong (38’). Namun, Pantai Gading sanggup membalas dua gol lewat kontribusi Franck Kessie (62’) dan Sebastien Haller (81’).

Dengan hasil ini, Timnas Pantai Gading sukses menambah koleksi gelar juaranya di ajang Piala Afrika. Sebelumnya, mereka sudah pernah meraih hasil serupa pada Piala Afrika edisi 1992 dan 2015.

Menariknya, dari total 27 pemain yang didaftarkan oleh pelatih Jean-Louis Gasset, ada banyak sekali pemain-pemain yang sebetulnya berstatus naturalisasi atau keturunan di skuad Pantai Gading.

Setidaknya, ada 10 nama pemain yang ternyata lahir di luar negeri dan mereka juga sempat memperkuat Timnas di usia muda. Namun, saat memasuki level senior, mereka memutuskan pindah menjadi warga negara Pantai Gading.

Sebagian besar pemain-pemain yang lahir di luar negeri ini memang berkarier di Eropa. Sehingga, kualitasnya sangat mumpuni dan mampu membantu Pantai Gading menjuarai Piala Afrika 2023.

Berikut daftar nama pemain keturunan yang memperkuat Timnas Pantai Gading di Piala Afrika 2023 beserta negara yang menjadi tempat kelahirannya.

1. Yahia Fofana (Prancis)

2. Seko Fofana (Prancis)

3. Jonathan Bamba (Prancis)

4. Jean-Philippe Krasso (Jerman)

5. Willy Boly (Prancis)

6. Jeremie Boga (Prancis)

7. Charles Folly Ayayi (Togo)

8. Nicolas Pepe (Prancis)

9. Evan Ndicka (Prancis)

10. Sebastien Haller (Prancis)

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #timnas #pantai #gading #juara #piala #afrika #2023 #berapa #jumlah #pemain #naturalisasinya

KOMENTAR