Jose Mourinho Bisa Comeback ke Manchester United, Nasib Erik ten Hag di Tangan Jim Ratcliffe
Jose Mourinho (Instagram/@josemourinho)
15:36
1 Februari 2024

Jose Mourinho Bisa Comeback ke Manchester United, Nasib Erik ten Hag di Tangan Jim Ratcliffe

Pelatih asal Portugal, Jose Mourinho, dilaporkan punya peluang untuk comeback atau kembali membesut mantan klubnya, Manchester United.

Skenario itu bisa terjadi andai Sir Jim Ratcliffe memutuskan untuk mengakhiri masa jabatan pelatih saat ini, Erik ten Hag.

Sejak dipecat AS Roma, juru taktik 61 tahun itu belum memiliki klub. Terdapat rumor yang menyebut Mourinho mungkin mengincar jabatan di timnas Portugal.

Namun, melihat kesempatan membesut Selecao das Quinas kemungkinan baru terbuka pasca EURO 2024, Mourinho disebut bisa saja mempertimbangkan tawaran dari klub papan atas.

Laporan Daily Mail menyebutkan bahwa Mourinho berkeinginan untuk kembali ke Old Trafford karena ia memiliki "urusan yang belum selesai".

Pelatih berjuluk The Special One itu pernah menukangi Manchester United dalam periode 2016 sampai 2018 dengan menggantikan pos yang ditinggalkan Louis van Gaal.

Di musim pertamanya, ia membawa klub meraih sukses di Liga Europa sebelum memastikan posisi runner-up di Liga Inggris pada musim keduanya.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag (kanan). [Darren Staples / AFP]Manajer Manchester United, Erik ten Hag (kanan). [Darren Staples / AFP]

Namun, paruh pertama kampanye 2018-19 yang buruk, di mana United hanya memenangkan tujuh dari 17 pertandingan Liga Premier pertamanya, membuat Mourinho dipecat pada Desember.

Kini, setelah lama hengkang dari Old Trafford, Mourinho disebut antusias dengan peluang bekerja dengan Sir Jim Ratcliffe dan Ineos, yang belakangan telah membeli 25 persen saham Manchester United.

Jim Ratcliffe yang diketaui fans Manchester United, kini mengelola operasi sepak bola klub dan akan bekerja sama dengan manajer saat ini, yaitu Erik ten Hag.

Namun, situasi Setan Merah yang tak kunjung membaik di pertengahan musim ini, membuat posisi pelatih asal Belanda tersebut pun tidak aman.

Ten Hag sendiri telah mengalami tekanan dalam beberapa bulan terakhir karena klub kesulitan masuk ke empat besar dan tersingkir dari Liga Champions dan Carabao Cup.

Sementara itu, Mourinho telah melatih Roma sejak tahun 2021 dan membawa klub itu meraih trofi pertamanya dalam 11 tahun dengan memenangkan Liga Konferensi Eropa pada tahun 2022.

Sejak dipecat oleh klub Serie A, Mourinho sudah dikaitkan dengan sejumlah pekerjaan. Barcelona disebut-sebut sebagai salah satu klub yang tertarik, terutama karena pelatih saat ini, Xavi, mengumumkan akan meninggalkan pada akhir musim.

Juga disebutkan bahwa Mourinho menolak tawaran dari klub Saudi Pro League, Al-Shabab, meskipun kesepakatan sudah di tempat.

Legend Chelsea, Frank Leboeuf, sementara itu, menyatakan bahwa Mourinho tertarik untuk menjadi pelatih tim nasional Portugal, tetapi akan menunggu setelah Euro untuk memiliki kesempatan merebut peran tersebut.

Melatih negara dianggap menjadi langkah logis berikutnya bagi Mourinho, kecuali jika ia mendapatkan tawaran dari beberapa klub top dunia.

Terlepas dari rumor, Manchester United dan Erik ten Hag tengah bersiap untuk memainkan laga kontra Wolves di Liga Inggris pada Jumat (2/2/2024) dini hari WIB.

Marcus Rashford diharapkan akan kembali dalam skuad untuk pertandingan tersebut setelah mendapat masalah disiplin akhir pekan sebelumnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jose #mourinho #bisa #comeback #manchester #united #nasib #erik #tangan #ratcliffe

KOMENTAR