Pede Timnas Indonesia Diperkuat Pemain Abroad di Piala Asia U-23 2024, Waketum PSSI: Erick Thohir Mantan Presiden Inter
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. [dok. PSSI]
12:54
31 Januari 2024

Pede Timnas Indonesia Diperkuat Pemain Abroad di Piala Asia U-23 2024, Waketum PSSI: Erick Thohir Mantan Presiden Inter

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali punya kepercayaan diri yang tinggi mengenai bakal dilepasnya sejumlah pemain abroad Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Asia U-23 2024.

Hal ini karena negosiasi yang dilakukan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir diklaim sangat baik karena dia merupakan eks Presiden Inter Milan.

Piala Asia U-23 2024 sendiri akan berlangsung di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

Agar bisa memetik hasil maksimal tentu dibutuhkan pemain-pemain berkualitas, termasuk mereka yang berkarier di luar negeri.

Masalahnya, Piala Asia U-23 tidak masuk dalam kalender resmi FIFA yang artinya klub tak wajib melepas pemain.

Berkaca dari skuad Timnas Indonesia senior di Piala Asia 2023, ada sejumlah nama yang kemungkinan diminta kembali oleh pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat tim U-23 di Piala Asia U-23 nanti. Setidaknya ada 11 nama yang bisa diboyong STY.

Ke-11 pemain itu adalah Elkan Baggott, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Kemudian ada lagi Pratama Arhan, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Ernando Ari, Ivar Jenner, hingga Justin Hubner.

Untuk nama-nama pemain yang merumput di Tanah Air kemungkinan besar tidak jadi masalah besar. Nah, yang berkarier di luar negeri inilah yang tengah diusahakan oleh PSSI.

"Kita sudah komunikasi dengan LIB. Untuk dalam negeri kita cari jalan terbaik dan tentu prioritaskan timnas," kata Waketum PSSI, Zainudin Amali saat ditemui di Stadion Madya, Jakarta.

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menjawab pertanyaan pewarta di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (19/4/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. (ANTARA/RAUF ADIPATI)

"Kemudian yang di luar itu, Ketum PSSI (Erick Thohir) sedang berkomunikasi dengan klub. Sudah dilakukan. Waktu kemarin di Doha, Ketum sempat ngobrol dengan Elkan Baggott dan Direktur Teknik Ipswich. Bagaimana caranya akan dikomunikasikan," jelasnya.

Lebih lanjut, Amali yakin pemain-pemain abroad bakal dilepas klubnya ke Timnas Indonesia. Ini karena negosiasi Erick Thohir sangat baik mengingat berpengalaman sebagai mantan Presiden Inter Milan.

"Saya optimis dengan komunikasi yang baik dari Ketum pasti dilepas. Mudah-mudahan bisa. Bukan karena dia Ketum, tapi dia mantan Presiden Inter Milan dan komunikasinya luar biasa," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pede #timnas #indonesia #diperkuat #pemain #abroad #piala #asia #2024 #waketum #pssi #erick #thohir #mantan #presiden #inter

KOMENTAR