Shin Tae-yong Dorong Negara-negara ASEAN untuk Naturalisasi Pemain Keturunan
Potret Shin Tae-yong (Instagram/@shintaeyong7777)
09:42
29 Januari 2024

Shin Tae-yong Dorong Negara-negara ASEAN untuk Naturalisasi Pemain Keturunan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bangga dengan kinerja para pemain keturunan selama Piala Asia 2023. Ia mendorong negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) bisa melakukan hal yang sama.

Seperti diketahui, ada delapan pemain keturunan dan naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kehadiran mereka terbukti mampu mengangkat performa tim.

Timnas Indonesia pun lolos ke babak 16 besar atau melewati fase gugur di Piala Asia 2023 untuk kali pertama sepanjang sejarah.

"Dalam turnamen ini Indonesia menggunakan banyak pemain yang dinaturalisasi dan memiliki kinerja yang baik," kata Shin Tae-yong, dilansir dari TheThao247.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mendorong negara-negara ASEAN lainnya bisa melakukan hal yang sama seperti Indonesia. Namun, harus bisa digunakan dengan positif.

"Di masa depan, saya pikir negara-negara Asia Tenggara harus memikirkan hal ini dan menggunakan pemain yang dinaturalisasi secara positif," imbuhnya.

Sebagai informasi, delapan pemain keturunan dan naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh, Dhayne Pattynama, Marc Klok, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Marc Klok menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang minim mendapatkan menit bermain. Ia kalah saing dengan Ivar Jenner di lini tengah.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #shin #yong #dorong #negara #negara #asean #untuk #naturalisasi #pemain #keturunan

KOMENTAR