Dibantai Australia, Shin Tae-yong Tolak Anggapan Timnas Indonesia Tampil Buruk: Kami Cuma Kalah Pengalaman
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi pada laga Piala Asia 2023 kontra Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada 24 Januari 2024. [Giuseppe CACACE / AFP]
09:36
29 Januari 2024

Dibantai Australia, Shin Tae-yong Tolak Anggapan Timnas Indonesia Tampil Buruk: Kami Cuma Kalah Pengalaman

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan timnya tidak kalah secara permainan oleh Australia. Hasil akhir disebutnya lebih merupakan faktor perbedaan pengalaman antara kedua tim.

Timnas Indonesia dibantai Australia dengan skor 0-4 dalam laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar pada Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Skuad Garuda langsung kebobolan saat laga berjalan 12 menit di mana Elkan Baggott bikin gol bunuh diri setelah bola tembakkan Jackson Irvine yang dia blok justru masuk ke dalam gawang.

Setelahnya, Australia tampil dominan. Mereka menambah tiga gol lewat Martin Boyle (45'), Craig Goodwin (89'), dan Harry Souttar (90+1').

Meski kalah Timnas Indonesia bermain cukup baik terutama di babak pertama. Beberapa kali skuad Garuda bisa mengendalikan permainan dan merepotkan pertahanan The Socceroos.

Tapi, Rafael Struick dan kawan-kawan kesulitan membongkar pertahanan Australia. Alhasil, tidak ada gol yang bisa diciptakan pemain-pemain Timnas Indonesia.

Cuplikan Laga Timnas Indonesia vs. Australia pada Minggu (28/01/2024). (pssi.org)Cuplikan Laga Timnas Indonesia vs. Australia pada Minggu (28/01/2024). (pssi.org)

"Kami tidak kalah dalam konteks performa, mereka bermain bagus dan menjalankan instruksi saya dengan baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan.

"Tapi memang unsur pengalaman yang masih dibutuhkan oleh pemain kita."

"Kami kalah karena level pengalaman dan konsentrasi. Kami mengakhiri pertandingan dengan tidak bagus, pemain dan pelatih Australia jelas punya pengalaman yang lebih banyak," ucapnya.

Shin Tae-yong merasa bangga dengan permainan Timnas Indonesia meski kalah dari Australia. Menurutnya, Asnawi Mangkualam Bahar sudah berusaha habis-habisan.

Ke depan Timnas Indonesia disebut Shin Tae-yong akan lebih berusaha lagi. Tentu dengan menunjukkan permainan yang lebih bagus demi memenangi laga.

"Mungkin lain kali kami akan kembali bertemu mereka dengan kekuatan yang berbeda," pungkas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023. Meski begitu, Tim Merah-Putih berhasil mencetak sejarah untuk pertama kalinya tampil di babak 16 besar.

Sementara Australia masih menunggu lawan di perempat final pemenang antara Arab Saudi vs Korea Selatan. Duel Arab Saudi kontra Korea Selatan tersaji pada 30 Januari 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #dibantai #australia #shin #yong #tolak #anggapan #timnas #indonesia #tampil #buruk #kami #cuma #kalah #pengalaman

KOMENTAR