Media Kirgistan Ikut Ramaikan Kelolosan Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023
Starting eleven Timnas Indonesia pada laga Piala Asia 2023 kontra Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, 24 Januari 2024. [Giuseppe CACACE / AFP]
16:00
26 Januari 2024

Media Kirgistan Ikut Ramaikan Kelolosan Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Lolosnya Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 turut diwartakan oleh media Kirgistan, salah satunya 24.kg, Jumat (26/1/2024).

Timnas Indonesia berhasil melangkah ke fase gugur Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik pada Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Skuad Garuda dipastikan melangkah ke 16 besar berkat kegigihan Kirgistan menahan imbang Oman dalam matchday terakhir Grup F.

Kirgistan yang merupakan tim non-unggulan, secara mengejutkan sukses menahan imbang Oman dengan skor 1-1.

Oman unggul cepat saat laga baru berjalan delapan menit lewat Muhsen Al Ghassani, sebelum Joel Kojo membawa Kirgistan menyamakan kedudukan pada menit ke-80.

Hasil imbang ini membuat Oman finis ketiga dengan koleksi dua poin, membuat mereka gagal menggeser Timnas Indonesia di empat besar klasemen peringkat tiga terbaik.

Timnas Kirgistan (Instagram/Kyrgyzkurama)Timnas Kirgistan (Instagram/Kyrgyzkurama)

Sebagai informasi, selain lewat jalur juara dan runner-up grup, tim-tim di Piala Asia 2023 juga bisa melaju ke 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Empat tim teratas dalam klasemen peringkat tiga terbaik dipastikan melangkah ke 16 besar. Timnas Indonesia sendiri menduduki urutan keempat atau batas akhir dengan koleksi tiga poin.

Tim asuhan Shin Tae-yong jadi satu-satunya negara yang lolos ke fase knock-out Piala Asia 2023 hanya bermodalkan tiga poin.

Keberhasilan Indonesia mencetak sejarah untuk kali pertama melangkah ke 16 besar Piala Asia bisa dibilang tak lepas dari bantuan Kirgistan.

Sandy Walsh saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Jepang pada Piala Asia 2023 (pssi.org)Sandy Walsh saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Jepang pada Piala Asia 2023 (pssi.org)

Media negara tersebut pun turut mengabari momen negara mereka membantu skuad Garuda melangkah ke 16 besar Piala Asia 2024.

"Pada 25 Januari, Kirgistan bermain imbang dengan Oman di Piala Asia di Qatar. Informasi tersebut dilaporkan Persatuan Sepak Bola Kirgistan di jejaring sosial," tulis 24.kg, dikutip Suara.com pada Jumat (26/1/2024).

"Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Untuk lolos dari grup, tim asal Kirgistan membutuhkan kemenangan dengan selisih dua gol."

"Hasil ini membuat Timnas Indonesia melaju ke fase knock-out setelah tampil lebih baik di grup lain."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #media #kirgistan #ikut #ramaikan #kelolosan #timnas #indonesia #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR