Komentar Menohok Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memeluk striker Rafael Struick disela-sela perayaan kelolosan skuad Garuda ke 16 besar Piala Asia 2023. [Dok. PSSI]
12:36
26 Januari 2024

Komentar Menohok Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyampaikan komentar bijak sekaligus menohok pasca kelolosan skuad Garuda ke 16 besar Piala Asia 2023, Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah lolos ke fase knock-out Piala Asia setelah mendapat bantuan dari Kirgistan.

Kirgistan sukses menahan imbang ancaman utama Timnas Indonesia, Oman dalam matchday terakhir Grup F dengan skor 1-1.

Hasil itu membuat Oman cuma mengoleksi dua poin, dan batal untuk menggeser posisi Timnas Indonesia dalam empat besar klasemen peringkat tiga terbaik.

Shin Tae-yong mengaku senang Timnas Indonesia mampu mencapai target minimal yakni lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengakui kelolosan Timnas Indonesia berbau keberuntungan. Namun, dia menegaskan "bantuan Tuhan" baru bisa hadir andai tim tersebut bekerja keras.

Sandy Walsh saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Jepang pada Piala Asia 2023 (pssi.org)Sandy Walsh saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Jepang pada Piala Asia 2023 (pssi.org)

"Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (26/1/2024).

"Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan)."

Hasil yang diraih Timnas Indonesia dalam tiga matchday Grup D sejatinya meleset dari target Shin Tae-yong. Garuda sebelumnya diharapkan bisa meraih minimal satu kemenangan, satu imbang dan sekali kalah.

Namun dalam prosesnya, Timnas Indonesia cuma menang atas Vietnam dengan skor 1-0 via tendangan penalti Asnawi Mangkualam.

Sisnya, tim Merah Putih meski telah bekerja ekstra keras di lapangan, harus takluk dengan skor identik 1-3 masing-masing dari Irak dan Jepang.

"Sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," jelas Shin Tae-yong.

Keberhasilan Timnas Indonesia melangkah ke babak 16 besar seperti menjadi pembuktian Shin Tae-yong terhadap pihak-pihak yang selalu meragukan kinerjanya.

Sebelum mampu mencapai fase ini, Timnas Indonesia diketahui selalu terhenti di fase grup dalam empat edisi Piala Asia terakhir yang mereka ikuti yakni pada 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #komentar #menohok #shin #yong #usai #timnas #indonesia #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR