Piala Asia 2023: Jepang Disibukkan Masalah Non-teknis Jelang Lawan Timnas Indonesia
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]
15:12
24 Januari 2024

Piala Asia 2023: Jepang Disibukkan Masalah Non-teknis Jelang Lawan Timnas Indonesia

Timnas Jepang diterpa masalah non-teknis luar lapangan jelang laga hidup-mati melawan Timnas Indonesia di matchday ketiga atau terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024).

Isu pelecehan rasial menyeruak dalam skuad Samurai Biru menyusul insiden rasisme yang menimpa kiper Zion Suzuki pasca kekalahan dari Irak.

Kiper 21 tahun berdarah Ghana-Amerika Serikat dan Jepang itu, mendapat pelecehan rasial setelah dianggap tampil buruk lawan Irak.

Timnas Jepang diketahui tumbang 1-2 dari tim berjuluk Singa Mesopotamia dan kini dalam posisi terjepit hingga harus menang atas Timnas Indonesia.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu telah angkat bicara terkait masalah ini. Dia menegaskan berdiri bersama Zion Suzuki dan mengutuk keras perilaku rasisme.

“Bagi pemain berharga kami, Suzuki, saya merasa sangat malu dan terkejut karena dia didiskriminasi secara rasial," kata Hajime Moriyasu dikutip dari Asahi, Rabu (24/1/2024).

Gelandang Timnas Jepang, Wataru Endo tampil di Piala Asia 2023. [HECTOR RETAMAL / AFP]Gelandang Timnas Jepang, Wataru Endo tampil di Piala Asia 2023. [HECTOR RETAMAL / AFP]

"Saya akan mendukungnya dengan cara apa pun untuk memastikan dia berkonsentrasi penuh dan fokus,” tambahnya.

Menurut Moriyasu, rasisme tidak boleh terjadi di ranah manapun terutama olahraga seperti sepak bola yang tujuan utamanya adalah menyatukan bukan memecah belah.

“Saya pikir ini tidak boleh terjadi. Mereka harus menghormati hak asasi manusia, hal ini tidak bisa terjadi di dunia yang beragam," kata Hajime Moriyasu.

"Kita hidup di dunia di mana hal-hal seperti ini mungkin terjadi, namun melalui sepak bola kita harus bersatu," tambahnya.

Jepang akan menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan akan berlangsung malam ini, Rabu (24/1/2024) di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar.

Jepang wajib menang untuk bisa mengamankan posisi runner-up Grup D, dan kemungkinan bakal berjumpa Korea Selatan di babak 16 besar.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #piala #asia #2023 #jepang #disibukkan #masalah #teknis #jelang #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR