Piala Asia 2023: Fokus Lawan Jepang, STY Ogah Gantungkan Nasib Timnas Indonesia ke Tim Lain untuk ke Babak 16 Besar
Konferensi pers Timnas Indonesia oleh Pelatih Shin Tae-yong dan Pemain Egy Maulana Vikri jelang laga melawan Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 (Dok. PSSI).
19:18
23 Januari 2024

Piala Asia 2023: Fokus Lawan Jepang, STY Ogah Gantungkan Nasib Timnas Indonesia ke Tim Lain untuk ke Babak 16 Besar

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong alias STY mengaku ogah menggantungkan nasib ke tim lain. Meski juru taktik asal Korea Selatan itu tahu ada skenario yang bisa loloskan skuad Garuda ke babak 16 besar tanpa tanding melawan Jepang.

Timnas Indonesia akan melawan Jepang dalam babak pamungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) malam WIB. Laga ini memang penting bagi skuad Garuda demi kelolosan ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin dan selisih gol -1. Jumlah poin tim Merah Putih setara Jepang, tetapi Samurai Biru berhak menduduki posisi runner-up karena unggul jumlah mencetak gol (5) dan selisih gol (+1).

Konferensi pers Timnas Indonesia oleh Pelatih Shin Tae-yong dan Pemain Egy Maulana Vikri jelang laga melawan Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 (Dok. PSSI).Konferensi pers Timnas Indonesia oleh Pelatih Shin Tae-yong dan Pemain Egy Maulana Vikri jelang laga melawan Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 (Dok. PSSI).

Artinya, Timnas Indonesia akan lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D andai mengalahkan Jepang, atau bermain imbang dan melaju lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Bahkan, ada cara di mana hasil laga Timnas Indonesia vs Jepang tidak berpengaruh. Skenario itu bisa terjadi seandainya laga Suriah kontra India (Grup B) atau Palestina melawan Hongkong (Grup C) malam nanti berakhir tanpa pemenang alias imbang.

Suriah dan Palestina saat ini sama-sama mengumpulkan satu poin. Sementara itu, India serta Hongkong poinnya masih nol alias belum pecah telur.

BACA JUGA: 3 Calon Lawan Timnas Indonesia jika Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

China, peringkat 3 Grup A, sudah menyelesaikan seluruh pertandingan di babak fase grup semalam dan poin akhirnya hanya dua. Artinya, China sudah dipastikan finis di bawah Indonesia yang mempunyai tiga poin.

"Tentu saja kita memiliki banyak skenario untuk menuju ke babak 16. Tentu saja saya akan sangat senang jika kita bisa menuju ke pertandingan 16 sebelum kita memainkan pertandingan terhadap Jepang," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sehari jelang laga.

Shin Tae-yong mengaku sama sekali tidak mengharapkan hasil dari tim lain. Fokusnya saat ini adalah supaya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bisa bersaing dengan Jepang.

"Saya tidak memikirkan hal tersebut. Saya hanya memikirkan bagaimana kita akan memainkan pertandingan melawan Jepang, beberapa persiapan teknis, dan beberapa detail. Saya tidak peduli dengan hasil dari tim-tim lain," pungkasnya.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #piala #asia #2023 #fokus #lawan #jepang #ogah #gantungkan #nasib #timnas #indonesia #lain #untuk #babak #besar

KOMENTAR